IPDA Divania, S. Tr. K, Bertindak Sebagai Pembina Upacara Di SMA Negeri 5 Balikpapan Dalam Rangka Sosialisasi Millenial Road Safety Festival
Balikpapan, ANTPNEWS110.COM Senin,  Satlantas Polres Balikpapan tiada henti-hentinya melakukan sosialisasi Millennial Road Safety Festival, hal ini dibuktikan dengan hadirnya Kanit Dikyasa Polres Balikpapan IPDA Divania, S.Tr.K pada upacara bendera di SMA Negeri 5 ( Smala ) Balikpapan, senin 11/02/2019 pukul 07.25 wita, Sosisalisasi yang mengambil tema “ Generasi Milenial Mendukung Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang,”

Upacara diikuti sekitar 1015 orang terdiri guru-guru tata usaha, siswa siswi SMA Negeri 5 (Smala) Balikpapan, Tim Satlantas Balikpapan. Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ( HUT ) ke 122 dirangkai dengan Sosialisasi Millennial Road Safety Festival yang akan berlangsung pada tanggal 16-17 Maret 2019 di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Pada acara tersebut tim satlantas Polres Balikpapan melalui Aipda Iwan Kurniawan, membentangkan spanduk sepanjang 4 X 1.5 meter kemudian  sebagian siswa-siswi SMA Negeri 5 (Smala) perwakilan kelas, pengurus Osis, UKS, PMR  membubuhkan tanda tangan untuk mendukung Millennial Road Safety Festival yang diadakan Polda Kalimantan Timur, disamping itu salah seorang siswi berprestasi Desty Puspita Cahyanti, kelas XI IPA 3 alumni Paskibraka Provinsi Kalimantan Timur 2018, melalui video menghimbau rekan-rekan kaum milenial kiranya ikut dan berperan serta dalam ajang yang digagas Direktorat Lalulintas Polda Kalimantan Timur melalui Satuan Lalulintas Polres Balikpapan.

Kasat Lantas AKP Noordhianto, S.H secara terpisah diwawancarai ANTPNEWS110.COM menyampaikan, “ Saya  berterima kasih kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 5 ( Smala ) Balikpapan Dra. Ririen Friedati, yang telah memberikan waktu dan tempat kepada tim Satlantas Polres Balikpapan. Tujuan kegiatan sosialisasi Millennial Safety Rod Festival ini adalah sebagai generasi milenial polri mengajak  siswa siswi SMA Negeri 5 Balikpapan turut berperan dalam mewujudkan generasi peduli Road Safety, karena dipundak merekalah masa depan bangsa negara ditentukan, Oleh karena itu sangat disayangkan jika generasi millennial tidak dilibatkan serta berperan dalam mendukung keselamatan berlalu lintas karena kecelakaan kecelakaan yang melibatkan generasi millennial cukup tinggi.”
Berikut ini sambutan Kasat Lantas Balikpapan yang dibacakan IPDA Divania,
ASSALAMMU’ALAIKUM, WR. WB. SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA
PERTAMA – TAMA SEBAGAI INSAN BERAGAMA, MARILAH SELALU KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS SEGALA RAHMAT DAN KARUNIA–NYA PADA PAGI HARI INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFI’AT.
PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN, PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI, KAMI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA PIHAK SEKOLAH ATAS KESEMPATAN YANG DI BERIKAN KEPADA KAMI SAT LANTAS POLRES BALIKPAPAN UNTUK BERTINDAK SEBAGAI PEMBINA UPACARA DI SEKOLAH SMA NEGERI 5 BALIKPAPAN  INI.
ADAPUN MAKSUD DAN TUJUAN DISELENGGARAKANNYA UPACARA KALI INI ADALAH WUJUD KERJASAMA ANTARA SATUAN LALU LINTAS POLRES BALIKPAPAN DENGAN DINAS PENDIDIKAN, KHUSUSNYA PIHAK SEKOLAH DALAM UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KESADARAN TERHADAP KESELAMATAN BERLALU LINTAS, MENGHADIRKAN NEGARA BERBUDAYA TERTIB LALU LINTAS DI TENGAH MASYARAKAT, SERTA MENGAJAK PARA PELAJAR UNTUK DISIPLIN DAN PATUH DALAM MENTAATI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN LALU LINTAS DI JALAN. DI SAMPING ITU, MELALUI KEGIATAN UPACARA HARI INI, DIHARAPKAN DAPAT MENJADI SARANA KOMUNIKASI ANTARA KEPOLISIAN KHUSUSNYA SARUAN LALU LINTAS POLRES BALIKPAPAN DENGAN PARA PELAJAR DI KOTA BALIKPAPAN.
PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN,
BERDASARKAN DATA DARI SATUAN LALU LINTAS POLRES BALIKPAPAN BAHWA ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA BALIKPAPAN PADA PERIODE TAHUN 2018 TERJADI SEBANYAK 101 KASUS, DENGAN RINCIAN SEBANYAK 2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 32 ORANG LUKA BERAT, DAN 105 LUKA RINGAN SERTA KERUGIAN MATERIAL SEBESAR Rp. 1.010.950.000,-. DALAM DATA TERSEBUT TERCATAT KENDARAAN YANG TERLIBAT TERDIRI DARI 120 R2, 50 R4, DAN 16 R6, DENGAN KASUS KECELAKAAN YANG MELIBATKAN PELAJAR BAIK SEBAGAI KORBAN MAUPUN PELAKU ADA SEBANYAK 14 KASUS.
PERLU KITA KETAHUI BAHWA KECELAKAAN BERMULA KARENA ADANYA PELANGGARAN. MENURUT DATA SATUAN LALU LINTAS POLRES BALIKPAPAN TAHUN 2018, TELAH TERJADI PELANGGARAN LALU LINTAS SEBANYAK 11.638 TILANG DAN 1.512 TILANG DILAKUKAN OLEH PELAJAR. INI ADALAH KEADAAN YANG SANGAT MEMPRIHATINKAN DAN UNTUK ITU MEMBUTUHKAN KEPEDULIAN KITA BERSAMA BAIK PARA DEWAN GURU WALI MURID, SERTA PELAJAR DALAM RANGKA MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN BERLALU LINTAS DENGAN SELALU MENTAATI PERATURAN DAN TATA TERTIB BERLALU LINTAS YANG DI ATUR DALAM UNDANG – UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN.
  1. TIDAK MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR BILA BELUM MEMILIKI SIM DAN MASIHDI BAWAH 17 TAHUN.
  2. GUNAKAN SELALU HELM SNI DAN INGAT UNTUK CLICK BAGI PENGENDARA MAUPUN YANG DI BONCENG
  3. SELALU GUNAKAN SABUK KESELAMATAN PADA SAAT MENGEMUDI ATAU MENUMPANG KENDARAAN RODA EMPAT ( MOBIL ),
  4. DAN JANGAN GUNAKAN TELEPON GENGGAM SAAT BERKENDARA YANG MENGAKIBATKAN BERKURANGNYA KONSENTRASI,
  5. JANGAN MELAWAN ARUS, PATUHILAH JALUR YANG ADA DAN HARGAI SESAMA PENGGUNA JALAN RAYA,
  6. SESUAIKAN KECEPATAN MENGEMUDI ANDA DENGAN BATAS KECEPATAN KENDARAAN YANG TELAH DITETAPKAN PADA RAMBU DI JALAN,
  7. JANGAN BERKENDARA DALAM PENGARUH OBAT ATAU PADA KONDISI MABUK SETELAH MENGKONSUMI MINUMAN KERAS.
    HAL TERSEBUT DIATAS HENDAKNYA AGAR DIPEDOMANI DAN DILAKSANAKAN DALAM BERLALU LINTAS DI JALAN RAYA SEHINGGA DENGAN ADANYA PENGGUNA LALU LINTAS YANG TERTIB INI DAPAT MENCEGAH   PELANGGARAN
SERTA MENEKAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS.
BESAR HARAPAN KAMI, BAHWA PARA SISWA SELALU GIAT BELAJAR MENGINGAT TUGAS KEDEPAN SEMAKIN BERAT, DENGAN ADANYA KESADARAN UNTUK  DISIPLIN MENTAATI PERATURAN SERTA PERDULI TERHADAP KESELAMATAN DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN DI JALAN RAYA, BERSAMA MEWUJUDKAN  INDONESIA TERTIB, BERSATU, STOPPELANGGARAN, STOPKECELAKAAN, KESELAMATAN YANG UTAMA, INSYA ALLAH ITIKAD KITA UNTUK MENUJU KEBAIKAN DAN KESELAMATAN AKAN SELALU DIRIDHOI ALLAH SWT, AMIEN YRA.
SEBELUM MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, KAMI KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA MENGAJAK SISWA/SISWI SMA NEGERI 5 BPP BESERTA DEWAN GURU DAN PIHAK SEKOLAH UNTUK HADIR PADA EVENT “MILENIAL ROAD SAFETY FESTIVAL” YANG DILAKSANAKAN DI SELURUH KOTA INDONESIA, DAN KOTA BALIKPAPAN AKAN MELAKSANAKAN EVENT INI PADA TGL 17 MARET 2019 BERTEMPAT DI LAPANGAN MERDEKA BALIKPAPAN, MILLENNIAL ROAD SAFETY FESTIVAL BERLATAR BELAKANG ADANYA KEPRIHATINAN DUNIA MELIHAT JUMLAH KECELAKAAN MENINGKAT SETIAP TAHUNNYA, DAN PADA TAHUN 2018 TELAH MENDUDUKI PERINGKAT KE 5 PENYEBAB KEMATIAN TERBESAR. MAKSUD DAN TUJUAN EVENT INI UNTUK MEMBENTUK GENERASI MILENIAL YANG LEBIH PEDULI DAN AKAN MENJADI PELOPOR KESELAMATAN BERLALU LINTAS, KAMI HARAPKAN KEHADIRAN SISWA/SISWI DAN SEGENAP DEWAN GURU UNTUK DAPAT MENGAMBIL BAGIAN DALAM EVENT FESTIVAL TERSEBUT.
             DEMIKIAN AMANAT PADA UPACARA INI, SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK DAN BIMBINGANNYA KEPADA KITA SEKALIAN.
Laporan :Djolis W. Tongka
Please follow and like us:
Total Page Visits: 1152 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange