Gorontalo, Mensikapi fenomena yang terjadi saat ini, dimana begitu masif penyebaran konten bermuatan hoax dan ujaran kebencian membanjiri media sosial terkait politik di masa tahapan Kampanye menuju Pemilu 2019, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK memberikan penjelasan bahwa dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi saat ini membuat semua informasi mudah dan cepat diakses oleh seluruh masyarakat, baik itu informasi yang baik dan benar maupun informasi yang bersifat hoax, bermuatan SARA, Ujaran Kebencian maupun yang lainnya.

“Dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi saat ini, segala informasi dengan sangat mudah dan cepat bisa diakses maupun menyebar di masyarakat, baik itu informasi yang positif maupun informasi yang negatif yang mengandung hoax, ujaran kebencian, isu SARA atau yang lainnya. Kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh para Tim Sukses maupun massa pendukung Parpol/Capres/Caleg untuk menaikkan citra , mencari simpati maupun untuk menjatuhkan rivalnya, namun saya sangat berharap agar seluruh masyarakat termasuk para pelaku pesta demokrasi lebih mementingkan keamanan dan menjaga kerukunan warga masyarakat. Beda pilihan, beda padangan adalah sah dalam kehidupan berpolitik tapi jangan sampai kita gadaikan keamanan, dan kerukunan hidup antar warga yang sudah terjalin selama ini,”kata Wahyu.

“Silakan jalani pesta demokrasi secara baik, mendidik, memberikan gambaran kepada masyarakat tentang program-program yang dapat menaikkan hajat hidup orang banyak dan meningkatkan kesejateraan rakyat, biarkan rakyat/masyarakat yang menilai, apakah si A itu pantas dan layak atau si B yang lebih bisa diandalkan, jangan hujani rakyat dengan informasi yang negatif, sebar hoax, bernada kebencian dan lain sebagainya, kita kan cari calon pemimpin bangsa maupun wakil rakyat, yang akan memimpin bangsa ini 5 (lima) tahun ke depan, tentu kita berharap semuanya bisa berjalan dengan baik, tanpa ada konflik,”jelas Wahyu. 

Kabid Humas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo untuk turut serta mensukseskan Pemilu 2019 dengan aman damai dan sejuk.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat di propinsi Gorontalo, mari kita sukseskan Pemilu 2019 dengan aman, damai dan sejuk, jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang menyesatkan, mengandung ujaran kebencian. Jangan juga menjadi bagian dari penyebaran berita yang belum jelas kebenarannya artinya Pilih, pilah sebelum share informasi. Mari kita jaga kerukunan antar warga,”himbau Wahyu.

Laporan : Femmy ES. Gubali

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/kabid-humas-polda-gorontalo-jalani-pesta-demokrasi-tanpa-hoax-ujaran-kebencian/
Twitter
Instagram

39total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.