Kadisdik Propinsi Kaltim Anwar Sanusi, S.Pd., M.Pd : Tidak Ada Sekolah Pinggiran Dan Unggulan

Balikpapan – Kaltim,  ANTPNEWS110.COM — Diberlakukannya sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) khususnya Tingkat SMA/SMK sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, dimana akan terjadi pemerataan pendidikan bagi masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Anwar Sanusi S.Pd, M.Pd, dengan berlakunya Zonasi bahwa tidak lagi sekolah Homogen melainkan heterogen. Artinya tidak ada lagi sekolah pinggiran dan unggulan, klasifikasinya ada jalur masyarakat dekat dengan sekolah, jalur afirmasi , jalur prestasi dan jalur pindahan yang anaknya mengikuti tugas orang tuanya.

“Sekolah sekarang sudah menjadi heterogen, dengan dibukanya beberapa jalur untuk memudahkan pesera didik memilih sekolah yang diinginkan sesuai mekanisme yang ada, “terang Anwar Sanusi saat menghadiri acara Pelepasan Purna Tugas Kepala SMKN 1 Balikpapan Drs. H.M. Syukri, M.Si dan Drs. H. M. Sumarno, M.Pd, serta Drs. Ir. Bernat Sianturi, Kamis (2/7) di Aula SMKN 1 Balikpapan.

Acara Pelepasan Purna Tugas Kepala SMK Negeri 1 Balikpapan dihadiri seluruh Kepala sekolah SMA dan SMK yang ada di kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, staf pengajar serta staf tata usaha SMK Negeri 1 Balikpapan, pelaksanaan pelepasan dilaksanakan berdasarkan standar kesehatan Covid – 19.

menurut Anwar Sanusi yang dikenal tegas ini menambahkan. Sesuai dengan mekanisme yang ada, bahwa untuk SMA/SMK jumlah satu Rombongan Belajar (Rombel) minumum 32 dan maksimum 36.

Jika sekolah melebihi kuota yang ditentukan maka peserta didik tidak masuk dalam Dapodik dan tidak memiliki NIS (Nomor Induk Siswa).

“Saya tegaskan kepada seluruh sekolah dapat menjalankan proses PPDB dengan baik sesuai aturan yang telah dibuat pemerintah pusat ataupun yang buat sendiri ditiap tiap Kota/Kabupaten.
Sehingga aturan yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan baik, “ungkap Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi juga menjelaskan bahwa hingga saat ini proses PPDB tidak mengalami kendala yang berarti, masih berjalan sesuai rencana. Bahkan tidak adanya intervensi dari pihak manapun. Anwar Sanusi meminta agar didalam menjalankan pelaksanaan PPDB ini lakukan sesuai aturan yg telah ditetapkan oleh Pusat dan daerah masyarakat jangan dipersulit berikan penjelasan dengan benar agar mudah dipahami masyarakat sehingga PPDB ini akan menghasilkan target yg kita inginkan yaitu pemerataan dalam hal memperoleh pendidikan baik di tingkat Sekolah dasar, SMP dan SMA atau SMK

Laporan : Arimin JW

Total Page Visits: 12 - Today Page Visits: 2

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.