Ops Yustisi, Polres Berau Bersama Tim Satgas Covid-19 Berikan Teguran Pelanggar Protokol Kesehatan

Berau – Kaltim,  ANTPNWS110.COM — Polres Berau terus menggelar patroli dan pendisplinan protokol kesehatan di wilayah yang disinyalir merupakan tempat sering terjadinya keramaian, Sabtu, 3 Oktober 2020 malam.

Kasat Binmas AKP Juhari  mengatakan, pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan ini merupakan kelanjutan dari operasi yustisi yang sudah digelar sejak Senin, 14 September 2020 lalu.

“Kita sama-sama melakukan pendisiplinan, sebenarnya sosialisasi sudah beberapa kali bahkan setiap malam dan sore kita melaksanakan itu dan peneguran hingga sanksi sosial juga sudah kita terapkan,” ujarnya.

Bahkan, dikatakan Juhari operasi yang dibarengi dengan terbitnya Perbup itu juga sudah terus gencar disosialisasikan kepada masyarakat hingga ditingkat kecamatan dan kampung.

Sasaran utama penindakan adalah pengendara roda dua dan empat yang melintas, warung makan dan angkringan, serta toko dan kios di seputaran Tanjung Redeb.

“Kita berikan teguran lisan kepada warga yang beraktivitas diluar rumah dan tidak menggunakan masker,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, ditemukan 30 pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“30 orang itu kita beri sanksi berupa teguran agar mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, pelanggar tersebut juga kita pakaikan selempang Pelanggar Protokol Kesehatan,” ujarnya.

Juhari menghimbau masyarakat agar selalu menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta Jauhi kerumunan.

“Mari patuhi protokol kesehatan, cegah penyebaran virus corona dengan menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, SIK., M.H,  menerangkan, Patroli gabungan ini untuk meminimalisir gangguan kamtibmas di tengah wabah corona ini agar tidak terjadi tindak kriminal dan lebih menyadarkan masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Virus Corona.

“virus corona ini tidak bisa kita anggap sepele, kita harus tetap jaga kesehatan dan kebersihan di sekitar karna virus corona ini penyebarannya sangat cepat apabila kita tidak menerapkan social distancing maupun physical distancing” ujarnya

Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam mendukung kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru yaitu masyarakat sudah bisa beraktivitas seperti biasa akan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan selalu menggunakan masker pada saat aktivitas di luar rumah,” tambah Ade Yaya Suryana. (Humas polda kaltim)

Laporan : Marwan Budianto

Total Page Visits: 55 - Today Page Visits: 4

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.