Balikpapan, ANTPNEWS110.COM Inovasi dan terebosan yang digagas Kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan Dra. Ririen Fridayati bersama pengurus Osis patut kita ancungi jempol, dimana dalam pelaksanaan pemilihan ketua Organisasi Intra Sekolah ( OSIS )) serta Majelis Perwakilan Kelas ( MPK ) dilaksanan sama seperti pelaksanaan pemilihan umum, ide dan gagasan kepala sekolah disampaikan kepada ketua KPUD Kota Balikpapan M. Toha, S.Pd pada saat ketua KPUD menjadi Pembina upacara di SMA Negeri 5 Balikpapan tanggal 15 oktober 2018, M. Toha bersedia menjadi penyelenggara dan segera mengirim tim teknis untuk pelatihan tata cara pemilu, dari hasil sosialisasi tim KPUD Kota Balikpapan maka ditetapkan tahapan pencoblosan kamis tanggal 25 oktober 2018.
Bertempat di halaman upacara SMA Negeri 5 Balikpapan kamis 25 oktober 2018 pukul 9.40 wita proses pelaksanaan tahapan pemilihan dimulai, pembawa acara mengumkan bahwa proses dilakukan berdasarkan acuan dari tata tertib Komisi Pemilihan Umum( KPU ) diawali dengan doa yang dibawakan oleh Ustadz Budi, S. PdI selanjutnya sambutan kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan Dra. Ririen Fridayati, pada intinya “ Pelaksanaan pemilihan pengurus Osis dan MPK adalah agenda rutin setiap tahun, para calon pun dipilih dari siswa siswi kelas X dan XI terbaik, terbaik dalam arti memenuhi kriteria pengurus Osis, dihadapan kita saat ini ada dua pasang calon pengurus osis dan empat pasang calon MPK, semua saya rasa memenuhi kriteria, kepada anak-anak saya menghimbau siapa pun yang terpilih kalian dukung mereka, sebab kedepan pengurus terpilih menjadi ketua bagi anak-anak semua. “
Ketua KPUD Kota Balikpapan Nur Thoha, S.Pd “ Pelaksanaan pemilihan ketua osis dan MPK SMA Negeri 5 Balikpapan dilaksanakan seperti pemilihan umum adalah sekolah yang ke tiga, sebelumnya kami telah melaksanakan di SMA negeri 2 dan SMA Negeri 7 kedepan kami akan melaksanakan hal yang sama ke sekolah menengah atas apabila diminta pihak sekolah.”
Nama-nama calon ketua dan wakil ketua osis, serta calon Ketua MPK sebagai berikut : Nomer urut 1 calon ketua osis M. Arham Birawa calon wakil Salsabilla Rosa. Calon ketua osis nomer urut 2 Christ Clarity, calon wakil Moch. Hafizh Nurhasan. Kandidat MPK : 1. Prabudiana ( XI IPA 4 ) 2. Christine Candy Gazaly ( XI IPS 1 ). 3. Brilian Ibrani Romdoni (X IPA 2). 4. Regina Olivia Fitri Ardana ( X IPA 2 ).
Proses pemilihan berjalan seperti biasa, total jumlah pemilih 964 terdiri dari siswa siswi, staf pengajar, tata usaha, diantara pemilih terdapat pegawai paling lama di SMA Negeri 5, Agus Nugroho 52 tahun, kepada baraberita.com “ Saya mulia kerja di SMA ini saat itu gedungnya masih di Gunung Pasir dan baru kali ini sejarah mencatat pemilihan ketua osis seperti pemilihan umum memilih kepala daerah, semoga anak-anak yang terpilih kedepan setelah selesai di SMA bisa menjadi pemimpin di organisasi kampus atau organisasi lain.”
Sebelum pencoblosan para calon ketua Osis menyampaikan Visi misi sebagai berikut, kandidat ketua osis nomer 1 M. Arham Birawa dari Kelas XI IPA 5 didampingi calon wakil ketua Salsabila Rosalina “ Visi saya menjadikan Osis SMA Negeri 5 Balikpapan sebagai organisasi berprestasi, kreatif dan inovatif, Misi saya menjalankan proker yang ada dan yang belum terrlaksana tahun sebelumnya, mengadakan kegiatan yang bermanfaat dan bisa menambah kreatifitas siswa, berusaha mengatasi masalah yang timbul dengan cara cepat dan tepat, menjadi teladan bagi siswa Smala.”
Kandidat calon ketua osis nomer 2 Christ Clarity kelas XI IPS 1 didampingi calon wakil ketua Hafizh Kelas X IPS 3 “ Visi saya menjadikan SMA Negeri 5 Balikpapan menjadi sekolah yang sinergis, positif, dan parsitipasif dengan kinerja Osis Smala yang berkualitas, inovativ dan berintegritas sehimgga mampu menaikkan nama baik sekolah. Misi : 1. Meningkatkan keimanan terhadap Tuhan yang maha esa, 2. Meningkatkan dan mewujudkan pribadi yang jujur, dan saling menghargai serta menumbuhkan rasa solidaritas antar siswa siswi Smala. 3. Meningkatkan kualitas siswa siswi Smala sehingga menjadi sebuah prestasi. 4. Menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak kepala sekolah, guru, dan karyawan Smala.”
Budi, S.PdI Pembina Osis SMALA, Saya sangat berterima kasih kepada KPUD Kota Balikpapan melalui Ketuanya bapak Nur Thoha, S.Pd, Ibu Endang dan staf, menjadi kebanggan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami warga Smala, pembelajaran dan pendidikan politik dibangun dari sekolah menengah atas dan ini adalah metode yang paling tepat, KPU adalah satu-satunya lembaga teknis penyelenggara pemilu wajib kita beri apresiasi. Papar guru Pendidikan Agama Islam ini.
Laporan : Suwarno Nd

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/pemilihan-ketua-osis-dan-mpk-sma-nergeri-5-balikpapan-pelaksanaanya-ala-pemilihan-umum/
Twitter
Instagram

10total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.