Balikpapan, ANTPNEWS110.COM — Disaksikan ratusan pasang mata siswa-siswi, guru staf pengajar, staf tata usaha dan orang tua siswa (i) paskibraka SMA Negeri 5 Balikpapan,  Jacky Nevo Tambajong & Ella Chintia Panjaitan, Juara 1 & 3 Lomba Pelestarian Cagar Budaya Kaltim, menyerahkan piala kepada wakil kepala sekolah Dra. Emiyati, M.Pd.

Jacky dan Ella memperoleh juara satu dan tiga berkat usaha keras mereka berdua dan panduan guru pembimbing Yudid Wijaya, S. Kom, lomba tersebut dalam rangka melestarikan Cagar Budaya dan Permuseuman  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan pameran bersama yang mengangkat tema keberagaman dalam persatuan di Balikpapan Sport and Convention Center Jalan Ruhui Rahayu Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dedah Rufaidah, Kepala Sub Direktorat Permuseuman, Direktorar Cagar Budaya dan Museum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Untuk mengisi serangkaian acara dan menyambut Hari Kemerdekaan RI Pada bulan agustus 2018 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktur Jenderal Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur, siswa setingkat SMA dan SMK  mengikuti acara yang digelar  di BSCC Dome Balikpapan, Jum’at  (10/08/2018).

Acara yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat  Jenderal Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Balai  Pelestarian Cagar budaya Kalimantan Timur ini  sekaligus upaya memperkenalkan Pengenalan Peninggalan Sejarah dan Cagar Budaya yang terdapat di seluruh Permuseuman Indonesia.

Selain itu menurut Kepala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Drs. Budhy Sancoyo, M.A lomba ini sekaligus untuk   mengukur kemampuan anak didik  ditingkat SMA , utamanya dibidang Sejarah dan Cagar Budaya.

Lomba yang untuk sementara hanya melibatkan pelajar SMA dan SMK  ini akan dikembangkan  dan diagendakan dari siswa SD hingga SMA dengan bobot pertanyaan disesuaikan tingkatan sekolahnya.

”Ini akan kita agendakan rutin dengan melibatkan peserta dari SD/MI hingga SMA/SMK/ Aliyah,”kata Budhy.

Acara  Rangking 1 ini di ikuti sekitar 120 Peserta dari SMA dan SMK.

Apa yang diungkapkan itu bukan tanpa alasan, karena melihat animo guru, orang tua dan juga siswa itu sendiri sangat tinggi. Bahkan panitia penyelenggara lomba  banyak mendapat masukan dan  mempertanyakan mengapa hanya dilibatkan siswa setingkat SMA dan SMK.

Tingginya animo itulah yang menjadi dasar  untuk mengembangkan dan memperluas pesertanya  dari SD hingga SMA.

”Diluar dugaan para pendidik dan juga orang tua serta siswa banyak yang menyaksikan langsung acara ini,”aku Budhy.

Sementara itu, di lokasi pelaksanaan lomba Rangking 1 nampak respon peserta saat soal – soal yang diajukan itu dibacakan secara bergantian oleh Panitia Permuseuman dan Cagar Budaya RI. Bahkan saat pertanyaan – pertanyaan dibacakan disambut ger-geran karena sang pembaca terkadang harus mengulang – ulang akibat tidak benar dan kami susulan.

Pelaksanaan lomba kali ini  Rangking 1  diraih siswa dari SMA Negeri  5 Balikpapan. Dari peserta yang berasal dari SMA Neg. 5, SMA Neg. 2, SMK Neg. 1, SMK 3 dan SMK Neg.4 Balikpapan, dalam lomba tersebut  dipilih sepuluh besar kemudian mengerucut menjadi enam besar dan tiga besar  hingga satu siswa terpilih menjadi Rangking 1. Dan terpilihlah Jacky Nevo Tambajong Menjadi Juara yang berasal dari SMA Negeri 5 Balikpapan hal ini tidak terlepas  dari pemahaman siswa dalam mengiplementasikan mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah serta ketekunan dan keuletan siswa dalam menyikapi pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh panitia, pada lomba tersebut  Ella Chintia Panjaitan siswi kelas XII IPA 6 juga memperoleh juara 3.

Untuk juara 1, mendapat hadiah uang pembinaan, piagam dan Piala dari Kepala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara Juara II dan III mendapat sertifikat dan Piagam.

Dra. Emiyati, M.Pd Wakil Kepala Sekolah

Wakil kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan, Dra. Emiyati, M.Pd “ Atas nama SMA Negeri 5 Balikpapan, mengucapkan terima kasih kepada ibu Triana Wulandari, direktur balai pelestarian cagar budaya ( BPCB ) yang telah menyelenggarakan seminar serta lomba-lomba untuk menumbuhkan kecintaan dan penghargaan anak-anak remaja dan semua kalangan terhadap budaya yang memang seharusnya dilestrarikan. Tidak lupa penghargaan dan apresiasi dari sekolah kepada ananda Jacky Nevo Tambajong kelas X IPA 1 yang berhasil mengukir prestasi dan menyabet juara 1 di lomba rangking 1, semoga prestasi yang telah di raih dapat memacu semangat mempelajari, menghargai dan mengembangkan serta melestarikan benda benda yang telah ditetapkan menjadi cagar budaya yang ada di daerah khususnya dan cagar budaya nasional pada umumnya, untuk ananda Ella Chintia Panjaitan jangan berkecil hati dengan peringkat 3, tingkatkan kemampuan suatu saat pasti sukses. Sukses untuk BPCB dan hebat.”

 

Guru pembimbing, Yudid Wijaya, S. Kom, Rangking 1 diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, modal Rangking 1 ini di ikuti karena lebih bermakna, memorik dan tidak menjenuhkan, serta dapat merangsang minat dan motivasi siswa untu belajar sehingga diharapkan hasil belajar dan keaktifan siswapun meningkat.”

 

Jacky Nevo Tambajong “ Lomba Rangking 1, saya suka kita seperti ikut cerdas cermat yang soalnya mengenal sejarah umum, waktu perta saya diberi tahu guru pembimbing bapak Yudid, tentang Rangking 1 saya langsung tertarik dan dalam lomba “ Puji Tuhan “ Saya juara 1, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang telah mensuport saya.”

Laporan : Arimin JW.

 

 

 

 

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/penyerahan-piala-dari-jacky-nevo-tambajong-ella-chintia-panjaitan-juara-1-3-lomba-rangking-1-pelestarian-cagar-budaya-kaltim-ke-sma-neg-5-balikpapan/
Twitter
Instagram

91total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.