Polda Kalimantan Timur Launching Aplikasi Samsat Delivery dan E-Samsat Bhabinkamtibmas

Balikpapan – Kaltim, ANTPNEWS110.COM — Sebagai upaya meningkatkan layanan terbaik kepada masyarakat pembayar pajak kendaraan di wilayah Kalimantan Timur, Polda Kaltim membuat inovasi dengan meluncurkan Samsat Delivery.

Launching (peluncuran) Samsat Delivery yang di laksankan di Hotel Novotel Balikpapan tersebut di Pimpin langsung oleh hadiri Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., dan turut di hadiri oleh Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak., M.Si., Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr., Ketua DPRD Prov. Kaltim, Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim, Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim, Pejabat Eselon II Prov Kaltim Kabapenda Provinsi Kaltim, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum., serta Pejabat Utama Polda Kaltim.

Kapolda Kaltim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Aplikasi Samsat Kaltim delivery merupakan Aplikasi pertama di indonesia, wajib pajak tidak perlu datang ke kantor samsat lagi untuk melakukan pembayaran pajak satu tahun.
E-samsat bhabinkamtibmas ini telah beroperasi di Polres Kutai Kartanegara melalu aplikasi dengan bankkaltimtara. dimana aplikasi merupakan aplikasi pembayaran pajak melalui petugas bhabinkamtibmas.

“Aplikasi ini sangat inovatif, semoga dapat dikembangkan dikabupaten/kota dengan optimal guna ketaatan masyarakat terhadap lalu lintas yang semakin baik serta dapat membantu masyarakat,” Ujar Kapolda Kaltim.

Lanjut Irjen Pol Hery Nahak Aplikasi ini juga sejalan dengan program Bapak Kapolri yaitu transformasi di bidang pelayanan publik yg didukung dengan kemajuan teknologi di era Police 4.0.

Sesuai dengan perkataan bapak Kapolri “harusnya pelayanan SIM, dan STNK sama mudahnya dengan memesan Pizza dari rumah saja”.

Samsat Delivery jelas ini Kapolda Kaltim akan diberlakukan di seluruh Polres/ta lingkup Polda Kaltim. Tujuannya untuk mempermudah proses administrasi Lalu Lintas.
Antaranya mempercepat urusan pembuatan surat izin mengemudi (SIM), pengurusan surat-surat kendaraan seperti, BPKB, STNK, dan TNKB, dimana selama ini cukup menguras waktu dan tenaga.
“Dengan Samsat Delivery, masyarakat, yakni sopir yang mau urus SIM atau pemilik kendaraan yang mau urus BPKB, STNK maupun TNKB tidak perlu sibuk datang di kantor. Tinggal tunggu di rumah nanti ada petugas yang datang antar dokumennya di rumah,”

“Dengan aplikasi SAMSAT Delivery ini, masyarakat cukup mengetahui berapa nilai pembayaran pajak kendaraan mereka kemudian dapat memilih pembayaran dengan transfer ke rekening bank yang sudah ditunjuk dan bisa juga memilih COD (Cash on Delivery) atau pembayaran di tempat setelah di antar,” Ujar Kapolda Kaltim.

Untuk pengurusan SIM, BPKB, STNK, dan TNKB, Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., menjamin urusannya akan cepat dan mudah tanpa berbelit-belit.

“Saya akan pantau pengurusannya. Karena itu saya pastikan tujuan dari Samsat Delivery pasti tercapai. Masyarakat pasti dapat pelayanan lebih mudah, cepat, dan tanpa berbelit-belit,” katanya.

Lebih lanjut Jenderal Bintang Dua tersebut mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan jasa calo yang selama ini berkeliaran di Samsat.

Dengan adanya Aplikasi Samsat Delivery dan E-Bhabinkamtibmas ini diharapkan peran bhabinkamtibmas ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di tengah pandemi Covid-19.

“Melalui e-Samsat, para wajib pajak tidak perlu lagi mengantri dan membawa uang tunai ke kantor Samsat. Pembayaran pajak sudah bisa dilakukan melalui transaksi online dengan dibantunya Bhabinkamtibmas,” Tutup Kapolda Kaltim.

Laporan : Suwarno KR

Total Page Visits: 22 - Today Page Visits: 2

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.