Potensi Siswa – Siswi  SMA Negeri 5 Balikpapan Dalam Bidang Seni Tarian Nusantara Sangat Membanggakan
Balikpapan, ANTPNEWS110.COM SMA Negeri 5 Balikpapan dikenal dengan sekolah prestasi patut diancungi jempol, belum lama ini sukses mengirimkan anak-anak berprestasi dalam bidang olahranga Porprov di Sangatta kabupaten Kutai Timur ( https://baraberita.com/olah-raga/sma-negeri-5-balikpapan-raih-6-medali-emas-6-medali-perak-7-perunggu-pada-poprov-kaltim-di-sangatta-kutim/ ).
Kali ini ANTPNEWS110.COM (grup baraberita.com ) menurunkan prestasi anak-anak Smala dalam bidang seni tari, Potensi siswa siswi SMA Negeri 5 Balikpapan dalam bidang seni tari Nusantara sangat membanggakan. Adapun tarian yang banyak diminati para siswa-siswinya antara lain, Tari Dayak Tradisional dan Dayak Kreasi, Tari Pesisir, Tari Sintang, Letuk, Enggang Borneo, The Spirit of Anggang, Enggang Banua, Tabenggang, Degug. Yg kreasi Nirmala, Jepen, Tari Nusantara, selain itu juga mempelajari tarian Nusantara seperti Bali, Jawa Barat, Aceh,  , Ekskul dimulai tahun 90an, sejak sekolahnya masih di Gunung Pasir,sering ikut lomba dan juga mengisi acara-acara penting. Lomba tingkat kota sampai ditingkat propinsi. Dalam setiap lompa pasti mendapat juara antar sekolah tingkat kota Balikpapan dan tingkat propinsi, terakhir belum lama ini juara 1  Tradisional Dance yang diadakan IATMI SM STT MIGAS Balikpapan.
Dengan seringnya mendapatkan juara dalam berbagai kompetisi tingkat Sekolah maupun umum
Maka tarian SMA Negeri 5 (Smala) Balikpapan selalu mengisi acara di berbagai acara baik sosial, kemanusiaan ataupun sebagai tamu undangan. Terakhir akhir januari 2019 mengisi acara pada peresmian Universitas Mulia di Balikpapan.

Eskul tari SMA Negeri 5 Balikpapan dibawah binanan Erna Widhyastuti, S.Pd melanjutkan dari pendahunya, ibu Erna mengajar ekskul tari daerah sejak penempatan di Smala tahun 2009, “ Saya mengajar anak-anak sejak tahun 2009, melanjutkan dari rekan-rekan guru sebelumnya dengan cara pengkaderannya dilakukan saat pengenalan lingkungan sekolah diadakan, ada sosialisasi ekskul di Smala, salah satunya tari daerah. Alhamdulih ada sebanyak 29 orang yang bergabung dalam Eskul Tarda. Dalam kegiatan ini Ortu sangan mensuport kegiatan mereka, mereka selalu diijinkan untuk latihan-latihan dan mengikuti kegiatan menari diluar sekolah: Saya sangat senang dan bangga, mereka sangat antusias dalam mempelajari tari daerah. Tidak semua siswa bisa membawakan tari daerah, hanya anak-anak terpilih yang memiliki kemauan serta dedikasi terhadap seni budaya kita. Saat mengikuti lomba saya yang mengajarkan, ada kalanya anak-anak yang berkreasi sendiri, Anak-anak biar lebih kreatif dan inovatif. “tutup guru yang selalu happy.
Nama Anggota Ekskul Tarda: 1. Theresia Chen,  2. Kadek Vina Andriani, 3. Vidya Kristin R.B, 4. Mutiara Arnesta, 5. Nurlela Esya Noviyanti, 6. Dara Puspita, 7. Annisa Nur Azzahrah 8. Kintara Putri A.S, 9. Irvisya Alifa, 10. Ananda Aulia Maharani, 11. Audrey Indyarlisa, 12. Adilla Dwicahya, 13. Nur Wafa, 14. Nasywa Amelia, 15. Salsa Sabrina, 16. Risky Putri Amanda, 17. Salsabilla Rossa, 18. Alya Saharani, 19. Zahra Devi, 20. Sandy, Olivia, 21. Gladys Nur Indah, 22. Gita Nurindah, 23. Zahra Putri, 24. Syafira Mutia, 25. Nur Nabila, 26. Monica Intan, 27. Sarah Keisya, 28. Intan, 29. Nathasya Zakiyah
Beberapa siswi yang sempat di wawancarai ANTPNEWS110.COM semua mencintai dan menyenangi tarian daerah atau tarian kreasi diantaranya
Kadek Vina Andriani (Vina), “ Saya selama mengikuti eskul ini saya senang karena dapat menambah wawasan saya tentang tarian tarian tradisional kalo untuk acara di luar sekolah saya semangat sekali karena bisa menambah teman, saya juga dapat banyak ilmu tentang tarian tarian yang beragam dari acara luar sekolah tersebut, berharap rekan-rekan smala yang punya potensi dan belum bergabung, kiranya bisa bergabung, terima kasih kepada kedua orang tua yang selalu mensuport  saya, terima kasih buat ibu Erna.”

Theresia Chen ( Cencen ),” Selama saya mengikuti ekstrakulikuler tari tradisional di smala ini. Saya sangat senang karena saya mendapatkan banyak sekali pengalaman baru seperti saya bisa mengetahui tarian tradisional yang ada di Indonesia, Selain itu saya juga dapat mengekspresikan diri melalui tarian yang saya bawakan dan juga bisa bersosialisasi dengan teman teman dan penari dari smala maupun penari dari luar smala untuk saling bertukar pikiran dan mencari tau hal baru yang belum saya ketahui sebelumnya, tarian yang sering Smala tampilkan tari ruai, tari gantar, dan tari kontemporer, terima kasih bu Erna, terima kasih ortu yang selalu mendukung.”
Laporan : Suwarno ND
 
Please follow and like us:
Total Page Visits: 1680 - Today Page Visits: 2

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange