Samarinda, ANTPNEWS110.COM   Sebanyak 3.107 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 44 tahun 2018 Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang sudah melaksanakan pengabdian masyarakat di desa dan instansi pemerintahan kembali diserahkan ke Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Serah terima mahasiswa KKN dari kabupaten dan kota kepada Pemprov Kaltim yang kemudian diserahkan kepada Rektor Unmul di Ruang Serbaguna Gedung Rektorat Unmul Samarinda, Jumat (12/10).

Gubernur Kaltim Isran Noor dalam arahan yang disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani berharap peserta KKN telah mampu mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan mereka selama praktik di desa lokasi penempatan KKN. “Apa yang diperoleh di kampus semoga telah diterapkan dengan baik di lapangan. Jika di bangku kuliah mendapat teori, pengabdian menjadi wahana praktek lapangan guna membangun desa berbekal ilmu yang didapat di bangku peekuliahan” katanya.

Selain itu, peserta KKN harus mampu mengidentifikasi masalah di pedesaan menjadi catatan penting sebagai rekomendasi dasar instansi teknis terkait sehingga mampu merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa.

Gubernur menilai pedesaan merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan, sehingga program kegiatan yang direncanakan harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi riil di lapangan.

Karenanya masukan berharga hasil identifikasi potensi dan masalah pedesaan yang dihasilkan peserta KKN bermanfaat sebagai masukan dalam perencanaan progran kegiatan.

Sebaliknya, selama di masyarakat maupun bertugas di kantor pemerintah pasti banyak peserta KKN memperoleh pengalaman dan pengetahuan praktis menjadi bekal dalam pengabdian ke depannya. Diakuinya bahwa masalah bertambah kompleks dan tidak semuanya dapat dipecahkan secara tepat dan tuntas sebab itulah pentingnya mengenali permasalahan.

Hasil kegiatan KKN dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota serta Unmul dalam upaya menyempurnakan dan menciptakan metode pengabdian yang sesuai dengan kondisi dan tuntutan masyarakat. “Pembangunan tidak mungkin terlaksana dan berhasil tanpa dukungan serta partisipasi aktif dari semua pihak termasuk perguruan tinggi,” ungkapnya.

Penyerahan mahasiswa KKN ditandai penantanganan berita acara serah terima mahasiswa KKN dan pelepasan tanda peserta KKN secara simbolis.

Hadir Sekretaris LP2M Unmul Profesor Dr Enos Tangke Arus dan Kepala DPMPD Kaltim Mohammad Jauhar Efendi, Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) DPMPD Kaltim Rusniati, Kasi Pendayagunaan Prasarana dan Sarana Desa dan Kelurahan Mustapa serta perwakilan instansi lokasi penempatan KKN.

Laporan : Djolis W. Tongka

 

 

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/sebanyak-3-107-peserta-kkn-unmul-kembali-kampus/
Twitter
Instagram

21total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.