Tim Reskrim Polsek Samboja Berhasil Amankan Dua Pelaku Curanmor

Kukar – Kaltim,  ANTPNEWS110.COM — Unit Reskrim Polsek Samboja berhasil mengamankan dua warga Samarinda berinisial HS (25) dan HL (54) lantaran melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di RT 03, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kamis Subuh (20/08/2020)

Terungkapnya kasus ini bermula saat korban pemilik sepeda motor selesai memancing ikan dan hendak pulang menuju tempat parkir kendaraan.

“Namun korban kaget mendapati sepeda motornya sudah tidak ada di tempat semula, sedangkan kunci motornya masih ada di tangan dan dicari disekitar lokasi kejadian sepeda motor tidak ditemukan,” ungkapnya.

Kejadian tersebut mengakibatkan korban merugi hingga Rp 15 juta dan segera dilaporkan ke petugas kepolisian. Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Samboja melakukan penyelidikan dan ditemukan seseorang yang mencurigakan tengah mendorong sepeda motor.

“Dan setelah diberhentikan dan dilakukan pengecekan terhadap fisik kendaraan ternyata benar kendaraan tersebut adalah sepeda motor yang hilang,” kata Reza.

Selanjutnya pelaku yang belakangan diketahui adalah HS diamankan ke Mapolsek Samboja beserta sepeda motor curian. Dari keterangan HS bahwa pencurian dilakukan bersama-sama dengan HL yang tak lain merupakan orang tua kandungnya.

“Kemudian dilakukan pengejaran terhadap Saudara HL dan tersangka ditemukan sedang bersembunyi di dalam pondok kebun di Jalan Samboja – Sepaku KM 11,” bebernya.

Polisi lantas melakukan penyisiran di sekitar pondok tersebut dan menemukan 2 unit sepeda motor yang diakui oleh HL merupakan hasil pencurian yang dilakukan di wilayah Samboja dan Samarinda.

“Berdasarkan pengembangan dan pengakuan tersangka, bahwa 1 unit kendaraan sepeda motor merk Honda Karisma warna hitam dengan nomor polisi KT 4309 KF dicuri oleh kedua tersangka pada Minggu (16/08/2020) sekira pukul 02.00 Wita, di samping rumah korban Jalan Merdeka RT 003, Kelurahan Sungai Merdeka,” sambung Reza.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, SIK., M.H, menerangkan saat ini HL bersama putranya HS mendekam di tahanan Polsek Samboja untuk dilakukan proses lebih lanjut. Polisi juga telah mengamankan 2 unit sepeda motor curian hasil kejahatan keduanya.

“Kedua tersangka dikenakan Pasal tentang pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat (1) ke 4e KUHP juncto Pasal 65 KUHP,” jelas Ade Yaya Suryana. (Humas Polda)

Laporan : Tim ANTPNEWS

Total Page Visits: 14 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange