Balikpapan, ANTPNEWS110.COM —  Warga Sungai Ampal RT 43, 44, 45, 54 dan 57 kelurahan Sumber Rejo kecamatan Balikpapan Tengah, kota Balikpapan mengadakan kegiatan memperingati maulid nabi besar Muhammad SAW tanggal 24 November 2018 atau 17 Rabiul awal 1440 Hijriah.

Hadir dalam acara tersebut Al Ustadz Al Mukarram AKP H. Sarbini, SH. Lurah Sumber Rejo Umar Adi, Babinkamtibmas Bripka Sigit, kasi Trantib kelurahan, ketua ketua RT, Imam Masjid, pengurus PHBI, Anank-anak TK/TPA Al Amir unit 027, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Acara diawali dengan nyanyian lagu-lagu qasidah dari grup robana Uswatun Hasanah pimpinan hj. Sumarni, grup qasidah belum lama ini juara 1 saat lomba di kelurahan Sumber Rejo, selanjutnya pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ustadz Hasanuddin, kemudian sambutan-sambutan dari panitia pelaksana, lurah Sumber Rejo, panitia pelaksana menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh warga jemaah masjid Al Amir yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan acara memperingati maulid Nabi besar Muhammad SAW.

Sambutan lurah Karang Rejo Umur Adi, pada intinya “ Perkenalkan nama saya Umar Adi, saya baru menjabat lurah kurang lebih dua bulan menggantikan almarhum bapak Muklis meninggal beberapa bulan lalu, saya berharap dukungan warga dalam hal menjaga kebersihan, keamanan kenyamanan lingkungan masing-masing, dalam waktu dekat kita dihadapkan dengan pesta demokrasi yaitu pemilihan calon presiden dan wakil presiden, pemilihan calon anggota legislatif ( DPRD Provinsi, Kabupaten Kota, DPR RI, DPD ) kita jangan mudah terpengaruh dengan kampanye-kampanye hitam yang pada akhirnya merugikan kita, pilihlah pilihan sesuai pilihan dan pelajari betul rekam jejak calon, kalau ada hal-hal yang menonjol dilingkungan kita segera lapor RT, Babinkamtibmas, Babinsa atau ke kasi trantib di kelurahan jangan bertindak main hakim sendiri.”

Ceramah agama tentang maulid nabi besar Muhammad SAW disampaikan Al Ustadz AKP. H. Sarbini, SH yang dibawakan dengan gaya humoris namun logis membuat jemaah masjid Al Amir Sungai Ampal kelurahan Sumber Rejo terkesima, ustadz sangat kagum dengan kondisi bangunan mesjid  namun menyayangkan luasnya kurang memadai, saya lihat kalau shalat jum’at warga sampai ke jalan, ini perlu perhatian serius dari pihak terkait mengingat keselamatan warga karena sama-sama memerlukan pasilitas umum.

Inti ceramah “ Melihat tema maulid malam ini, “ Jadikan Iman Tempat Berpijak Ilmu dan Akhlaq  Sebagai Langkah Dalam Bertindak dan Berlomba Dalam Kebaikan “ melihat tema tersebut yang begitu lengkap tidak ada celah kita untuk berbuat yang sesuai akhlaq dicontohkan Rasulullah junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, dalam keseharian kita semua suadah ada norma-norma atau aturan yang harus kita ikuti, jangan hanya karena perbedaan pandangan kita tidak saling sapa satu dengan yang lain contoh dalam sholat ada yang pakai kunut ada pula tidak, baca alfateha ada yang pakai bismillah ada yang langsung Alhamdulillah, akibatnya perbedaan ini menyebabkan kita tidak saling sapa bahkan ada yang pindah masjid atau mendirikan masjid baru ! Subhanalloh, Bapak ibu serta anak-anaku sekalian jangan kita pecah belah hanya karena ini, padahal semua mengakui Al Qur’an sebagai pedoman dan nabi Muhammad sebagi rasul Allah SWT. Saat ini musim kampanye, bapak ibu saudara-saudara sekalian jangan terpengaruh dengan calon-calon yang dalam kampanyenya ada unsur sara, ras, apalagi calon yang mempergunakan cara mengadu domba antara golongan ini atau suku ini dan lain-lain, jaga kondusifitas kota Balikpapan, karena kalau kita tidak saring betul apa yang disampaikan caleg dan kita menganggap itu benar maka fatal akibatnya. Kembali ke tema maulid, Baginda Rasulullah Muhammad SAW telah banyak memberikan contoh tentang disiplin, berlomba lomba dalam kebaikan, disiplin yang dimaksud adalah kita menghargai waktu, waktu sholat kita gunakan untuk beribadah, biasakan sholat malam ! saya mau Tanya bapak ibu apa sering bangun tengah malam ? mungkin banyak yang sering melek sampai tengah malam atau bangun tengah malam namun bukan untuk sholat tetapi hanya, kalau bapak-bapak bangun pipis begitu juga ibu-ibu atau malah ada yang bangun hanya karena siaran langsung sepak bola atau main domino kuping pakai jepitan ! Innalillahi wa innailahi rojiun, nauzubillah minzaliq, bapak ibu serta anak-anakku sekalian, banyak contoh teladan dari rasulullah yang kita abaikan dalam keseharian kita, mari kita sama-sama merenung dan berusaha memperbaiki prilaku sehari-hari.”

Pada akhir ceramahnya ustadz AKP H. Sarbini, SH, meminta pengurus masjid Al Amir untuk mengabil satu kotak amal, dan memberikan contoh bahwa bahwa kurangnya isi kotak amal karena lubang kotak amal terlalu kecil, akibatnya yang punya uang berjuta-juta sulit memasukkan bantuannya karena lubangnya terlalu kecil, ustadz Sarbini menyarakan supaya membuat kotak amal yang lubangnya agak besar supaya para penyumbang lebih besar juga.”

Laporan : Djolis W. Tongka

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/ustadz-akp-h-sarbini-sh-ceramah-pada-peringatan-maulid-nabi-besar-muhammad-saw-di-masjid-al-amir-sungai-ampal-kel-sumber-rejo-balikpapan/
Twitter
Instagram

22total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.