Pelestarian Musik Dan Lagu Daerah Gorontalo Oleh Komunitas Callysta Fans Club

Gorontalo Kota, ANTPNEWS110.COM — RRI Gorontalo mengadakan acara Talk Show yang di pandu oleh Host Indah dan Yusri dengan mengangkat tema “Pelestarian Musik Dan Lagu Daerah Gorontalo” yang dilaksanakan oleh Callysta Fans Club perkumpulan pecinta musik Daerah bekerja sama dengan RRI Gorontalo.

Dalam acara Talk Show di hadiri oleh penyanyi penyanyi terkenal di Daerah Gorontalo bahkan sampai keluar Daerah antara lain Anton Dalilla, Hartati Salamanya, Titin Thalib, Rita Hasyim.
Tembang yang mereka persembahkan adalah lagu lagu lawas antara lain adalah Lagu Moleleyangi, Lagu To Bulalo Lo Limutu, Lagu Biteya dan Lagu Hulonthalo Lipu’u dengan diiringi alat musik tradisonal Gorontalo yaitu Popalo, Gambusi dan Bomboliyonu.

Dalam kesempatan ini pun Callysta fans club menghadirkan para Nara Sumber. Prof. Dr, Hj. Asna Aneta, M. Si. Mengangkat topik ” Pelestarian Adat dan Budaya Gorontalo ”

Dalam sambutannya Prof Asna Aneta menyampaikan bagaimana melestarikan budaya Daerah dan untuk mempererat tali ikatan masyarakat dari bawah sampai di kota bahkan beliau menyampaikan betapa penting nya melestarikan budaya di jaman modern seperti saat ini.

Dr. Dra. Hj Alwarits Nggole, M. P dalam kesempatan yang sama menjadi Narasumber yang mengangkat topik berjudul ” Retorika Tonggobi, Polopalo Dan Bomboliyonu ” Dalam sambutannya Dr. Alwarits Nggole mengupas tentang alat musik Tonggobi dan lainnya. Tonggobi adalah media musik tradisional”

Alat musik Tonggobi adalah media atau alat yang dijadikan masyarakat petani Gorontalo jaman dulu untuk mengusir hama saat akan panen raya. musik Tonggobi ini mengeluarkan suara yang beraturan bahkan hingga di perlombakan tambah nya.

Dalam kesempatan yang sama Drs. Sofyan Mohi, M. M mengangkat topik ” Penyanyi Dan Pencipta Lagu Daerah Gorontalo ”

Dalam sambutannya Drs Sofyan Mohi menyampaikan kita harus membentuk lomba lomba menyanyi lagu Daerah bahkan menciptakan kreativitas lagu Daerah agar budaya kita tetap terjaga dan di Lestaraikan.

Pada kesempatan ini pula Drs Sofyan Mohi menyanyi kan lagu duet BAKARI AISYAH bersama Titin Thalib.
Suksesnya acara Talk Show tentu karena adanya kerja sama yang baik dari pengurus RRI dan juga pengurus Callysta fans club.

Laporan : Liana Akoli 

Please follow and like us:
Total Page Visits: 505 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange