DENGAN WAKTU TERBATAS, SATGAS PORT VISIT MESIR BERHASIL SALURKAN BANTUAN KEMANUSIAAN TERBESAR DARI INDONESIA

Jalesveva Jayamahe
Jakarta  – ANTPNEWS110.COM — Satgas Port Visit Mesir 2024 telah sukses mengirimkan bantuan terbesar dari masyarakat Indonesia untuk korban konflik di Gaza. “Kegiatan ini merupakan bantuan terbesar yang pernah kita kirimkan dengan jumlah 242,6 ton”.

Demikian disampaikan Komandan Satgas Port Visit Mesir 2024 Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji di depan awak media usai Upacara Penyambutan Satgas Muhibah/Port Visit Mesir 2024 yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Jum’at (15/03/2024).

Penyaluran bantuan kemanusiaan telah melalui koordinasi yang ketat oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Kedutaan Besar RI di Kairo serta Atase pertahanan, sehingga Satgas Port Visit Mesir 2024 dapat menuntaskan misi kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza. Meskipun dalam pelaksanaanya tim Satgas yang telah menyiapkan bantuan penanganan medis, namun setelah koordinasi ketat hanya diberikan kesempatan selama 4 hari untuk dropping bantuan kemanusiaan.

“Kami telah menyerahkan kepada Egyptian Red Cresent (ERC) dengan diangkut 50 truk dan langsung diserahkan menuju Perbatasan Rafah untuk disalurkan kepada korban konflik Gaza”, jelas Dansatgas.

Lebih lanjut Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji menyampaikan bahwa pelayaran yang ditempuh selama 57 hari ini dapat diselesaikan dan bantuan tersalurkan dengan baik kepada korban konflik di Gaza meskipun dalam pelaksanaanya mendapatkan tantangan dan hambatan.

“Kami sudah menyiapkan 214 orang staf Satgas dan team force protection sejumlah 36 orang yang terdiri dari Satkopaska, Denjaka, dan Taifib untuk melaksanakan self defense untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat melintasi area konflik”, pungkas Dansatgas.

TNI Angkatan Laut dalam hal ini Satgas Port Visit Mesir Tahun 2024 mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan dan dukungan masyarakat Indonesia untuk korban konflik Gaza, sehingga dalam penyaluran bantuan dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena bahwa TNI AL berkomitmen untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional, dalam hal ini menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban konflik di Gaza. (Dinas Penerangan Angkatan Laut).

Laporan : Suci Hamzah 

Please follow and like us:
Total Page Visits: 189 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange