Balikpapan ANTPNEWS110.COM  —  Pada hari Sabtu 1 September 2018 mulai pukul 16.00 wita, di lapangan merdeka Balikpapan telah berlangsung kegiatan Aksi Damai  dan Deklarasi Damai  Pemilu 2019, yang dilakukan  oleh Ormas Mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Korlap aksi Zainuddin (ketua cabang PMII Balikpapan) & humas aksi sdr Said (ketua PMII komisariat Stitba). Masa aksi dari gabungan PMII Komisariat se Balikpapan sebanyak 40 orang.

Terlihat spanduk besar bertuliskan :

Pemilu damai untuk bangsa Indonesia.

  1. Dukung Pemilu damai 2019
  2. Tolak perilaku Hoax
  3. Tolak politik identitas yang memicu perpecahan masyarakat indonesia
  4. Mengecam perilaku penyebar ujaran kebencian dan SARA.

Inti yang menjadi thema aksi dan Deklarasi damai sebagai berikut :

a.Pengurus cabang pergerakan Mahasiswa lslam Indonesia Kota Balikpapan Mendeklarasikan dan mengajak seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas, bermartabat, damai dan bebas konflik komunal.

  1. Mengecam keras para politikus yang sengaja melakukan provokasi kepada rakyat, demi kepentingan politiknya dan partainya. Kondisi tersebut membuat adu domba rakyat dan sangat berpotensi menimbulkan perpecahan bangsa.
  2. Mengecam politik identitas yang mengelola isu SARA demi kepentingan politiknya. Para aktor politik yang saling menghujat dan melakukan politik kebencian terhadap laean politik dan pemerintah yang syah.
  3. PMII sebagai anak bangsa yang independen mendorong pemerintah yang syah dan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama berpartisipasi demi terselenggaranya Pemilu 2019 yang damai, aman, berintegritas dan.
  4. PMII Balikpapan mengajak semua elemen bangsa untu stop ujaran kebencian, politik SARA, politik identitas agama, money politik, demi terciptanya kedamaian serta kerukunan seluruh warga negara Indonesia.

sebelum aksi damai berakhir, dilakukan Deklarasi damai  dukungan Pemilu 2019, yang dipimpin oleh Amir ( Sekretaris PMII Balikpapan). Isi Deklarasi sbb :

  1. Kami mendukung penuh penyelenggara pemilu untuk mewujudkan pemılu yang berintegritas, bemartahat, damai dan bebas dari konflik komunal.
  2. Kami siap membantu dan.mendorong mensukseskan PILPRES dan PILEG di tahun 2019.
  3. Kami siap berperan aktif mencegah terjadinya konflik komunal pada PEMILU 2019.
  4. Kami menolak dengan keras money politik. politik sara, serta politik identitas.

Kegiatan aksi berakhir pukul 17.30 wita.

Laporan : Suwarno KR

 

 

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/aksi-damai-deklarasi-dukungan-pemilu-2019-yang-aman-damai-oleh-ormas-pergerakan-mahasiswa-islam-indonesia-pmii-cabang-balikpapan/
Twitter
Instagram

15total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.