Balikpapan, ANTPNEWS110.COM — Dua minggu pasca terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami yang menghantam sebagian wilayah Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M, akhirnya mengunjungi wilayah tersebut, tepatnya pada Rabu (10/10/2018) pagi.

Setibanya di Palu bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Ketua Bhayangkari Pengurus Daerah Kaltim Ny. Yemmy Priyo Widyanto, dan jajaran Kodam VI Mulawarman – Polda Kaltim, Priyo dan rombongan langsung bergerak ke Pasar Masomba guna mengecek aktivitas perekonomian di sana.

Kapolda Kaltim mengungkapkan hasil pantauannya, situasi kota Palu yang mulai kondusif membuat warga perlahan menjalankan aktivitasnya, termasuk aktivitas jual beli di Pasar Masomba yang mulai ramai. “Kita bisa lihat sendiri, sangat ramai. Puluhan penjual sudah menjajakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, ayam, gula, sayur-sayuran dan aneka rempah,” ujarnya.

Ia menegaskan, kondisi ini harus terus berlanjut, bahkan berkembang menjadi lebih baik lagi. Palu harus segera bangkit dari musibah ini. “Untuk itu, kita (Polri) bersama dengan TNI ingin memberikan semangat baru pada warga, dengan harapan bisa memulihkan kondisi kota Palu secara perlahan,” paparnya.

Meski belum semua kios yang beraktivitas seperti biasa, dirinya optimis kehidupan di Palu akan segera kembali normal. “Tak hanya ekonominya, tapi seluruh aspek penopang kehidupannya,” tegasnya. Usai mengunjungi Pasar Masomba, Priyo turut melaksanakan pendistribusian logistik yang dibawa dari Balikpapan ke Desa Kulore, Kecamatan Mulowali Utara, Kabupaten Sigi. Bantuan logistik yang akan disalurkan pun beragam, mulai dari bahan pangan, pakaian, kebutuhan wanita dan bayi, serta air bersih dan obat-obatan.

Kapolda menyebut, penting baginya untuk ikut dalam kegiatan distribusi ini. “Harus dipastikan logistiknya sampai ke warga yang membutuhkan, supaya kegiatan ini menjadi tepat guna dan tepat sasaran,” terangnya. Di Desa Kulore juga Kapolda Kaltim dan rombongan melaksanakan trauma healing untuk anak-anak, agar kondisi psikis mereka bisa pulih dan tak menyebabkan trauma serius.

JEMPUT POLWAN & BHAYANGKARI BKO SULTENG PULANG

Selama sepekan bertugas jalankan misi kemanusiaan di Sulteng jajaran Polwan dan Bhayangkari Polda Kaltim pulang kembali ke Balikpapan, pada Rabu (10/10/2018) sore. Mereka dijemput langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto bersama Pangdam VI Mayjen TNI Subiyanto menggunakan pesawat Polri.

Kapolda menjelaskan, selama di Palu, mereka memiliki banyak kegiatan, seperti membagi bantuan sembako dan air bersih, trauma healing, dan ada juga yang bertugas memasak di dapur umum. “Selain para Polwan, misi kemanusian ini juga mengecek lokasi-lokasi terisolir pasca gempa dan tsunami,” imbuhnya.

Ia merinci, ada 200 pasukan dari Satbrimob Polda Kaltim yang masih bertugas membantu menyalurkan distribusi logistik dan evakuasi korban bencana di Sulawesi Tengah.“Masih bertugas dibagi 2 titik, setiap hari kegiatan kemanusiaan dijalankan,” pungkasnya.

Laporan : Djolis W. Tongka

 

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/bertolak-ke-palu-ini-yang-dilakukan-kapolda-kaltim-irjen-pol-drs-priyo-widyanto-m-m/
Twitter
Instagram

11total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.