Tanjung Selor, ANTPNEWS110.COM — Ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting, di samping ketahanan ekonomi dan energi. Untuk itulah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerjasama dengan tim Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) menggelar kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Germarikan).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan untuk mengajak anak-anak maupun dewasa dalam mengkomsusmi ikan. Sekretatis DKP Kaltara Sri Atika mengatakan, kegiatan Safari Gemarikan 2018 mengambil tema ‘Ciptakan Generasi yang Sehat dan Cerdas’. Turut hadir dalam acara itu, Hj Nurhayati Wakil Ketua II Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kaltara.

Sri Atika menjelaskan, DKP Kaltara terlibat aktif menangani masalah pangan yang bersumber dari produk kelautan dan perikanan, serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan maupun gizi nasional, melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

“Selain membangun kesadaran akan gizi individu, serta kolektif kepada masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Acara Gemarikan juga salah satu implementasi promosi edukatif, dalam meningkatkan konsumsi ikan,” katanya.

Gemarikan juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaatk ikan, serta menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga. “Harapannya, lewat kegiatan ini, konsumsi ikan masyarakat Indonesia khususnya di Kaltara dapat meningkat dan merata. Sekaligus mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional akan mudah terwujud,” tutupnya.

Laporan : Sutikno

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/gerakan-memasyarakatkan-makan-ikan-gemarikan-untuk-generasi-yang-sehat-cerdas-dan-kuat/
Twitter
Instagram

12total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.