Samarinda, ANTPNEWS110.COM — Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) baik lingkup Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota  dapat terus menggali potensi kerajinan serta mempromosikan potensi kerajinan di tiap kecamatan.

Dikatakan, Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

“Maka dari itu, fungsi Dekranasda di masing-masing daerah dapat dimaksimalkan untuk menunjang kerja dan kegiatan kerajinan bisa lebih meningkat lagi dimasa-masa mendatang,” kata Awang Faroek Ishak pada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati PPU yang dirangkai  pelantikan Hj Risna Rais Abdul Gafur sebagai  Ketua Dekranasda, Tim PKK dan   Ketua Bunda PAUD Kabupaten PPU yang dilaksanakan di Pendopo Lamin Etam, Rabu (19/9).

Awang Faroek menambahkan  era globalisasi dengan persaingan dagang yang makin ketat dengan terbukanya pasar bebas. Tantangan ini perlu disikapi dengan baik dengan memainkan kiat-kiat dan terobosan, disamping terus meningkatkan  kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha serta pihak terkait.

“Pemprov Kaltim sangat mendukung jika ada program dan kegiatan yang mendukung untuk kemajuan Dekranasda  misalnya mengadakan pameran, rapat kerja atau pertemuan mengenai kerajinan, pembinaan dan pendampingan untuk pelaku usaha kerajinan serta kegiatan lainnya dalam memajukan kerajinan di daerah,” ujarnya.

Awang Faroek  meminta  agar Dekranasda kabupaten/kota tidak tinggal diam untuk menggerakkan organisasi para pengrajin agar bisa lebih meningkat baik kualitas maupun kuantitas dengan melaksanakan pelatihan dan pendidikan  kepada para anggota dan masyarakat pengrajin.

“Dengan peningkatan SDM perajin melalui berbagai pelatihan, tentu diharapkan ragam jenis dan kualitas produk kerajinan yang dihasilkan lebih meningkat dan mampu bersaing di pasar luas, sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian anggota Dekranasda,” kata Awang Faroek.

Laporan : Djolis W. Tongka

 

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/gubernur-kalimantan-timur-minta-dekranasda-terus-gali-potensi-kerajinan/
Twitter
Instagram

7total visits,7visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.