10 Anggota Polri Terbaik Gugur Dalam Tugas Pengamanan Pemilu 2019, Mendagri Turut Berbelasungkawa
Mendagri Chayo Kumolo

 

Jakartan,  ANTPNEWS110.COM  —  Polri kehilangan 10 anggota terbaik selama pelaksanaan pengamanan Pemilu 2019. Ada 10 anggota Polri yang meninggal karena kelelahan hingga sakit saat menjalankan tugas negara. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan dukacita.
“Pengabdian dari para anggota Polri yang meninggal dunia dalam tugas suksesnya Pemilu Serentak 2019 sangat luar biasa jasa dan pengabdiannya bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Saudara-saudara adalah putra-putra terbaik bangsa,” kata Tjahjo dalam keterangan resminya, Jum’at (19/4/2019).
Pemakaman AKP. Suratno (Polda Kaltim)
Sejauh ini, Polri menginformasikan ada 10 orang personel yang meninggal. Penyebabnya beragam mulai dari sakit, kelelahan, dan ada pula yang kecelakaan saat bertugas menjaga keamanan, kelancaran, dan ketertiban Pemilu 2019.
Mendagri mengaku sangat menghormati jasa dan pengabdian para anggota Polri yang gugur dalam mengemban tugas mulia mengamankan Pemilu Serentak 2019.
Pimpinan tertinggi Polri dalam hal ini Kapolri Jendral Prof. DR. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, Memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian para syuhada, kepada 10 anggota yang meninggal saat dalam tugas Kapolri juga diberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi (Anumerta).
“Kepada keluarga yang ditinggalkan kiranya mengikhalakan para syuhada yang gugur dalam tugas Negara, Semoga arwah almarhum mendapat tempat yang lapang  disisinya Amin…”
Adapun para anggota Polri yang meninggal dunia dalam mengemban tugas mengamankan gelaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Berikut daftar 10 anggota Polri yang meninggal dunia saat pengamanan Pemilu 2019:

1. Aiptu M Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi. Gugur karena kelelahan setelah mengawal kotak suara.

2. Aiptu M Supri, anggota Polresta Sidoarjo. Supri gugur saat melaksanakan pengamanan TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

3. AKP Suratno, Panit Subdit II Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim. Suratno gugur dikarenakan sakit.

4. Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme, Polres Bondowoso. Prima gugur dalam kecelakaan menuju TPS.

5. Bripka Ichwanul Muslimin, personel Polres Lombok Tengah, Polda NTB. Gugur karena kecelakaan menuju salah satu Polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS.

6. Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang, NTT. Gugur saat pengamanan Pemilu 2019.

7. Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang, Polda Metro Jaya. Gugur saat pengamanan Pemilu 2019.

8. Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari, Polres Pasuruan. Gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019.

9. Brigjen Syaiful Zahri, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri.

10. Aiptu Jonter Siringoringo, anggota Polres Dairi, gugur dalam tugas mengamankan TPS.

10 Anggota polri terbaik tersebut telah dimakamkan di daerah masing-masing dengan upacara militer, kedepan pihak penyelenggara pemilu perlu mengevaluasi sistim pelaksanaan pengamanan dengan cara sip-sipan seperti jaga pada umumnya dilingkungan polri, sebab kalau masih mempergunakan sistem jaga atau pengamanan sejak pergerakan kotak suara dari KPU, Kecamatan, Kelurahan, TPS dan kembali ke Kecamatan ini memerlukan waktu cukup lama dan melelahkan 3 hari 3 malam seorang petugas nyaris tidak tidur.

Laporan :Tim Antp

 

Please follow and like us:
Total Page Visits: 666 - Today Page Visits: 2

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange