Di Polda Sulut Seleksi PAG 2019 : 88 Peserta Jalani Tes Psikologi

Manado,  ANTPNEWS110.COM — Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri Tahun Anggaran (T.A.) 2019 di Polda Sulawesi Utara (Sulut) memasuki tahap tes psikologi, Kamis (05/09) pagi.

Tes diikuti 88 peserta (86 pria, 2 wanita), berlangsung di Ruang Tribrata Mapolda Sulut. Para peserta yang mengikuti tes psikologi ini, adalah peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) pada tahap sebelumnya, yaitu pemeriksaan administrasi awal.

Tes diawali dengan arahan yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulut, Kompol Winarko. “Tes psikologi ini terdiri dari tiga jenis, yaitu kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja,” ujarnya.

Lanjut Kabag Psikologi, tes ini menggunakan sistem one day service, yaitu tes dan pengumuman hasilnya dilakukan pada hari yang sama. “Jadi setelah selesai tes, lembar jawaban komputer langsung diperiksa melalui proses scanning, kemudian hasilnya juga langsung diumumkan,” pungkasnya.

Jalannya tes mendapat pengawasan ketat dari para pengawas internal (Itwasda dan Bidpropam) maupun pengawas eksternal (LSM Gerbin). Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan.

Laporan : Djolis W. Tongka

Total Page Visits: 221 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.