BALIKPAPAN, ANTPNEWS110.COM — Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M., membuka secara langsung Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri (Perbatasan) T.A. 2018/2019 di Lapangan SPN Polda Kaltim, Balikpapan. Selasa (07/08/2018).

Upacara ini dihadiri pula oleh Kapolda Kalimantan Utara, Ketua Bhayangkari Pengurus Daerah Kaltim dan pengurus, Para Pejabat Utama Polda Kaltim, Para Kapolres/TA Jajaran Polda Kaltim, tenaga pendidik di lingkungan SPN Polda Kaltim, serta Para Perwira, Bintara, Tamtama  dan Pegawai Negri Sipil Polda Kaltim.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M., membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian menyampaikan Lembaga pendidikan Polri ini adalah tempat saudara dididik, ditempa, dan dilatih guna menjadi insan Tribrata yang Profesional, Modern, dan Terpercaya.

“Untuk itu, maknai anugerah dan karunia Tuhan yang maha kuasa ini, dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan Polri,” ujarnya.

Lanjut Kapolda, Harus kita pahami, bahwa perkembangan tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat, telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Realitas tantangan tugas ke depan, harus mampu diatasi oleh Institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh sumber daya manusia Polri yang Profesional, Berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya.

Salah satu upaya Polri, guna mewujudkan SDM Polri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang saudara-saudara laksanakan saat ini. Selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan ke depan, saudara akan mengikuti pendidikan yang dilaksanakan di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Binmas, Pusdik Sabhara, serta pada 29 SPN jajaran Polda.

Khususnya pada tahun 2018 ini, Polri menerima 8.400 peserta didik, terdiri atas 8.000 orang pria dan 400 orang wanita.  Program pendidikan yang diselenggarakan dapat menjadi media yang optimal dalam mentransfer pengetahuan dasar Kepolisian, wawasan keilmuan, maupun pembinaan keterampilan khas Polri kepada seluruh peserta didik, agar output yang dihasilkan benar-benar memenuhi standar kualitas yang diharapkan.

Begitu pula halnya dengan seluruh peserta didik, saya mengingatkan agar saudara dapat dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan dalam mengikuti seluruh program pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada kalian. Berbagai pengetahuan, keterampilan, serta penguasaan tehnis dan taktis profesi Kepolisian yang akan diberikan nantinya, akan sangat berguna bagi pelaksanaan tugas saudara di medan pengabdian yang sesungguhnya.

Beberapa penekanan kepada para peserta didik untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai berikut , Syukuri atas segala karunia Tuhan YME, kepada kalian semua, saudara telah terpilih untuk mengikuti pendidikan pembentukan Polri, dari sekian banyak calon yang ada. Kepada Kasepolwan, Kapusdik Sabhara, Kapusdik Binmas, dan para Ka SPN Polda beserta tenaga pendidik, saya titipkan para siswa calon Bintara Polri ini untuk dilatih, dibimbing, dan dididik serta dibina sebaik-baiknya.

Bangun budaya pembelajaran yang positif dengan menampilkan keteladanan, sehingga akan terbentuk kultur, sikap, dan perilaku peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Tanamkan budaya saling asah, asih, dan asuh selama proses pembelajaran, sehingga mereka dapat menjadi insan Bhayangkara yang memiliki jiwa integritas yang tinggi. Saya meyakini, berbekal dengan tekad dan kemauan yang kuat serta motivasi yang tinggi, saudara dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan profesional dan penuh tanggung jawab.

“Selamat Menempuh Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2018/2019, dengan harapan semoga para siswa sekalian dapat menyelesaikan seluruh program pendidikan ini dengan baik dan lancar serta dapat mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri nantinya” tutup Kapolda KaltimKabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan dari hasil sidang terbuka penetapan kelulusan akhir Bintara Polri Perbatasan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 4 Agustus 2018 terdapat 337 Calon Siswa terpilih yang terdiri dari 94 Kaltara dan 243 Kaltim. Sementara yang akan dididik di SPN Polda Kaltim adalah sebanyak 305 Siswa dan 32 Siswa lainnya akan dididik di Sepolwan Ciputat dan SPN Batua Polda Sulsel.

Laporan : Arimin JW.

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/kapolda-kaltim-pimpin-upacara-pembukaan-pendidikan-pembentukan-bintara-polri-perbatasan-ta-2018-2019/
Twitter
Instagram

147total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.