Balikpapan, ANTPNEWS110.COM Kegiatan Pengukuhan PMR Unit Sekolah berlangsung dari tanggal 03/11/ s/d 04/11 2018 bertempat di SMA Negeri 5 Balikpapan, hadir dalam kegiatan tersebut pengurus dan pembinan PMR SMA Negeri 5 Dra. Dwi Suryani, M.Pd, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMA Neg. 5 Emiyati, S.Pd. M.Pd, Pengurus PMI dan PMR Kota Balikpapan.

Palang Merah Remaja (disingkat PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR.Terdapat di PMI kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, dengan anggota lebih dari 5 juta orang, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Kebijakan PMI dan federasi tentang pembinaan Remaja bahwa:

  1. Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalang merahan.
  2. Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan.
  3. Remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI.
  4. Remaja adalah kader relawan.
  5. Remaja calon pemimpin PMI pada masa depan.

Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dan lain lain) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.

Peserta PMR terdiri SMA Negeri 1 Balikpapan 21 orang, SMA Negeri 3 Balikpapan 17 orang, SMA Negeri 4 Balikpapan 32 Orang, SMA Negeri 5 Balikpapan 26 Orang, SMA Negeri 7 Balikpapan 28 Orang dan SMK Negeri 3 Balikpapan 17 Orang ditambah dengan Panitia diambil dari masing masing sekolah dengan jumlah 22 Orang, Total yang dikukuhkan dari 6 sekolah adalah 141 orang dari jumlah awal 142 orang, berkurangnya 1 peserta yang dikukuhkan disebabkan ada 1 orang yang harus kembali di jemput orang tua disebabkan oleh kondisi pisik tidak fit, anggota PMR yang pulang berasal dari SMA Negeri 4, namun pihak PMI Kota Balikpapan melalui Ketua KSR Royan Abdillah, “ Kami memberikan dispensasi kepada Joel W. Gunawan tahun depan bisa ikut lagi, melihat minat dan tekad adik Joel ingin jadi anggota PMR hal tersebut yang kami apresiasi, Royan menambahkan bahwa kegiatan PMR punya nilai positif kepada adik-adik PMR yang baru saja dikukuhkan, karena sifatnya sosial, kami bangga dengan adik-adik sejak kemarin dibuka acara ini rasa egaliter yang dimiliki adik adik sangat nampak semoga kedepan tetap dipertahankan,” papar Royan yang didampingi senionya Haris.

Hj. Emiyati, S.Pd. M.Pd ( Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan ) dalam sambutannya  pada pengukuhan PMR, “ Anak-anakku yang ku cintai, saya bangga dengan kalian sebab sangat sulit disaat sekarang ini mencari kader PMR, sebab kegiatan PMR erat kaitannya dengan Gempa bumi, Kecelakaan, Tsunami, Banjir, Tanah Longsor dan masih banyak lagi kegiatan sosial lain yang memerlukan keberanian, tetapi adik-adik dengan penuh keyakinan dan keberanian ingin jadi anggota PMR, adik-adik tahu dan masih segar dalam ingatan kita beberapa waktu lalu ada dua bencana nasional yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok Nusa Tenggara Barat dan Palu, Donggala, Sigi Sulawesi Tengah, begitu banyaknya korban jiwa disana, kakak senior kalian lah yang menjadi relawan, mereka jadi motor penggerak dalam pertolongan pertama dan itu membutuhkan nyali serta mengorbankan waktu untuk keluarga demi rasa kepedulian sosial, Semoaga Allah SWT member berkah kapada anak-anaku sekalian, terus berkarya jadilah pelepor kesehatan dan kebersihan dilingkungan adik-adik.’ Tutup Hajjah Emi panggilan akrabnya.

Laporan : Adul

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/pengukuhan-pmr-unit-sman-1-sman-4-sman-5-sman-7-dan-smkn-2/
Twitter
Instagram

37total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.