SEMARAK LOMBA KERONCONG LAGU-LAGU PERJUANGAN BERSAMA HAMKRI PROVINSI GORONTALO

Gorotalo, ANTPNEWS110.COM — Untuk mempertahankan dan mengembangkan musik keroncong agar tetap lestari dan berkelanjutan, perlu adanya upaya untuk mempertahankan eksistensi budaya tersebut diantaranya dengan melakukan upaya pelestarian

Berkenan dengan itu dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 77 Tahun 2022, Himpunan Artis Musik Keroncong RI (HAMKRI) Kota Gorontalo telah melaksanakan lomba lagu lagu Perjuangan irama keroncong asli dan langgam bagi kalangan Lansia di atas umur 45 tahun tingkat Provinsi Gorontalo. Dengan tema kegiatan lomba adalah “Melalui Momentum Kemerdekaan RI ke 77 Mari Kita Pertahankan & Kembangkan Musik Keroncong Agar Tetap Lestari & Berkelanjutan di Bumi Hulondalo”

Dengan adanya kegiatan lomba keroncong ini, kami berharap para kaum lansia, juga generasi muda kaum milenial bisa tergugah, bangga, dan cinta akan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.


Adapun tujuan dari kegiatan lomba ini menurut Ketua HAMKRI Kota Gorontalo Dr. H. Zuchri Abdussamad adalah, D.I.K., M.Si,  1) memberikan ruang apresiasi kepada pecinta keroncong lewat lomba ini dalam mengisi kemerdekaan, 2) Mengenalkan dan memperkuat keroncong di tengah masyarakat serta menanamkan nilai luhur yang ada dalam syair lagu perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia kepada generasi muda kaum milenial, dan bagi kaum Lansia sebagai nostalgia,

3) Diharapkan menjadi pemicu bagi khalayak untuk kian mengembangkan musik keroncong di daerah Gorontalo baik keroncong asli, stambul, langgam

Peserta lomba berjumlah 40 orang peserta putra putri dan yang masuk ke grand Final berjumlah 26 peserta (15 Putri dan 11 Putra).

Berikut nama-nama pemenang lomba keroncong lagu perjuangan bagi kalangan Lansia Tingkat Provinsi Gorontalo yakni
PUTRI : Terbaik 1. Iin Patamani, 2. Siti Kodai, 3. Nining Afandi. Baik 1. Rita Hasyim, 2. Dian A. Harun, 3. Hartati Salamanya

PUTRA : Terbaik 1. Alirman Tahala. 2. Junawir Panigoro, 3. Weny Yahya Baik : 1. Suwandi Sumaga, 2. Lexi Hasan, 3. Jems
Berikut hasil Penilaian Versi Panitia Pelakasana untuk versi Penampilan Terbaik 1 Ny. Ulfa Ikano dari Senandung Rindu, Penampilan Terbaik 2 Ny. Siti Zohra Ishak dari PAP, Penampilan Terbaik 3 Ny. Herlina Moha dari Rileks.
Sementara itu Panitia memberikan piala penghargaan kepada Peserta Favorit Putra Rusli Hunowu, piala penghargaan kepada Peserta Favorit Putri Ny. Wilda Yusuf, dan piala penghargaan Pemain Orkestra Terbaik kepada Ram Abdillah.

Menurut Ketua HAMKRI Kota Gorontalo bahwa iven ini hanya ajang silaturahim bagi penikmat, pecinta dan simpatisan music irama keroncong yang ada di provinsi Gorontalo dan bukan ajang lomba prestasi sehingga pada malam final dan penutupan terlihat suasana kekeluargaan terjalin dengan erat hal ini dibuktikan dengan kesepakatan akan melaksanan pertemuan rutin setiap bulan komunitas pecinta musik irama keroncong dan juga sebagai ajang nostalgia.

Kepala LPP RRI Gorontalo  Drs. Azhari Bahariawan Thalib akan memfasilitasi pemenang lomba untuk tampil di RRI Gorontalo dengan tema Dialog Eksisten Musik Keroncong akan di tayangkan Live streaming di Pro 4 dan akan mengundang Pembicara dari unsur HAMKRI Pusat seperti Mas Wartono di Solo dan Mas Khris di Jakarta Selatan bersama pengurus HAMKRI Gorontalo.
Kepada Wartawan Baraberita.com dan ANTPNews110.com  Zuchri Abdussamad mengungkapkan bahwa HAMKRI Gorontalo bersama pihak sponsorship akan melaksanakan lomba yang serupa bagi kalangan milenial (Siswa dan Mahasiswa) yang akan menggunakan momen Perayaan HUT Provinsi Gorontalo pada 5 Desember 2022 untuk ajang Prestasi.

Kepada pihak sponsor yang telah mensukseskan perhelatan lomba keroncong
lagu perjuangan tingkat provinsi, panitia mengucapkan banyak terima kasih atas
dukungan dan kerjasama yang baik sehingga acara berlangsung dengan lancar dan
mendapat animo yang banyak dari masyarakat, masing kepada Pihak Managemen
Hungrypedia, UNG, UT Gorontalo, UNISAN Gorontalo, UBM Gorontalo, Yayasan
Fazriyah Gorontalo, dan YKUH Gorontalo.

Laporan : Liana Akoli 

Please follow and like us:
Total Page Visits: 237 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.