Syukuran HUT RI & HUT Relawan Donor Darah Balikpapan RDDB Kumpulkan 100 Kantong Darah Segar & Sehat
Balikpapan – Kaltim,  ANTPNEWS110.COM — Kegiatan Sosial Donor Darah Sukarela dalam rangka HUT ke 75 Kemerdekaan RI dan HUT ke 2 Relawan Donor Darah Balikpapan (RDDB) berjalan dengan lancar dan sukses bertempat di UDD PMI Kota Balikpapan hari Minggu 9 Agustus 2020, bahkan pengumpulan Kantong Darah pada kegiatan ini melampaui target yang sudah di tetapkan panitia sebelumnya 75 kantong, terkumpul 1 jam lebih awal dari jadwal sebanyak 100 kantong darah. RDDB kumpulkan 100 kantong darah segar dan sehat.
Kegiatan Sosial Donor Darah Sukarela dalam rangka HUT ke 75 Kemerdekaan RI dan HUT ke 2 Relawan Donor Darah Balikpapan (RDDB) berjalan dengan lancar dan sukses bertempat di UDD PMI Kota Balikpapan hari Minggu 9 Agustus 2020, bahkan pengumpulan Kantong Darah pada kegiatan ini melampaui target yang sudah di tetapkan panitia sebelumnya 75 kantong, terkumpul 1 jam lebih awal dari jadwal sebanyak 100 kantong darah.

Hadir dalam acara ini Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, S.E, di dampingi Ketua PMI Kota Balikpapan drg Dyah.Muryani MARS, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Balikpapan dr Suryani Trismiasih Sp.Pk, Direktur RSUD Beriman dr. Cokorda Ratih Kusuma, Camat Balikpapan Kota Heruressandy S Kesuma, Pengurus PMI, Babinsa, Babinkamtibmas dan para Relawan.
Dalam sambutannya Pak Walikota mengucapkan terima kasih kepada Relawan Donor Darah Balikpapan dan PMI yang selalu siap sedia berupaya menjaga ketersedian darah bagi para pasien terutama dimasa pandemi ini dimana sebagian masyarakat merasa khawatir juga terus menghimbau kepada masyarakat untuk selalu disiplin mematuhi prokol kesehatan pencegahan covid19 terutama dalam pemakaian masker dan pemerintah sedang menyiapkan peraturan wajib menggunakan masker dan ada sangsi sosialnya jika melanggar.
Sementara itu Ketua PMI Kota Balikpapan drg. Dyah Muryani MARS  menyampaikan ucapan terima kasih atas kiprah Relawan Donor Darah Balikpapan yang selalu membantu PMI dalam penyediaan stok darah dengan donor sukarela dan  donor pengganti serta mengucapakan ” Selamat Ulang yang ke 2 untuk RDDB semoga selalu sukses dan bermanfaat buat orang banyak, meskipun 2 tahun tapi terasa seperti 20 tahun dalam berkiprah”.

Di sampaikan pula bahwa Donor Darah tidak menularkan virus covid19 kepada pasien namun demikian kepada pendonor di minta mematuhi protokol kesehatan dengan baik, begitu pula para petugas UDD di bekali APD (alat pelindung diri) hal ini di sampaikan oleh dr. Suryani Trismiasih, Sp.PK yang akrab di sapa dr. Meniek.
Ketua RDDB Rudiansyah JA mengatakan bahwa target  Donor Darah Sukarela saat ini disesuaikan  Hari ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia atau target 75 kantong darah, namun Alhamdulillah patut bersyukur sebelum waktu yang di jadwalkan habis 100 kantong darah dapat terkumpul, hal ini tentu luar biasa dan berterima kasih kepada seluruh pendonor,  panitia dan staf UDD PMI Balikpapan. Dalam kesempatan ini dilaksanakan pemotongan tumpeng dan penyerahan simbolis masker kepada Walikota dan Ketua PMI Kota Balikpapan oleh Rudiansyah JA.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem pembagian waktu 4 slot dimana masing masing golongan darah di beri waktu 1.5 jam hal ini di maksudkan untuk menghindari kerumunan di satu waktu secara bersamaan di tempat yang sama dalam rangka pencegahan covid19 ujar Budiman Purereng selaku ketua panitia pelaksana.
Panitia Donor Darah Sukarela HUT ke 75 Republik Indonesia dan HUT ke 2 Relawan Donor Darah Balikpapan Mengucapkan “Terima kasih dan penghargaan setinggi tinggi kepada para Pendonor Donor Sukarela yang hadir pada hari Minggu 9 Agustus 2020 di UDD PMI Kota Balikpapan baik yang gagal maupun yang berhasil donor darah dan Terima Kasih kepada Bapak Walikota Balikpapan, Ketua PMI Kota Balikpapan, tamu undangan dan para pendukung acara.
Jumlah kantong darah yang terkumpul sebanyak 100 kantong darah dengan rincian sebagai berikut :
Golongan darah  A  : 22 kantong, Golongan darah  B  : 36 kantong, Golongan darah  O  : 29  kantong, Golongan darah AB : 13 kantong, Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas budi baik bapak ibu semua, Aamiin.
Laporan : RJA
Total Page Visits: 133 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.