Balikpapan, ANTPNEWS11.COM — Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Haryanto, M.Si., hadiri penutupan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2018 yang di ikuti oleh perwakilan para mahasiswa dari universitas yang ada di Kaltim serta organisasi kepemudaan, bertempat di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (26/07).

Dalam kegiatan ini, 60 anak muda dari wilayah Kaltim secara resmi dikukuhkan menjadi duta damai dunia maya. Mereka bergabung dengan ratusan anak muda Indonesia lainnya yang telah lebih dulu bergabung, untuk menggaungkan perdamaian dan anti radikalisme terorisme di dunia maya. Sebelum dikukuhkan, ke-60 duta damai dunia maya Kaltim ini telah menjalani pelatihan selama empat hari.

“Lima website damai duta damai akan menjadi mitra strategis PMD BNPT dalam menyemarakkan konten damai di dunia maya,” kata Kasubdit Kontra Propaganda BNPT Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko pada penutupan pelatihan duta damai dunia maya Kaltim di Balikpapan.

Pelatihan duta damai dunia maya 2018 adalah tahun ketiga pembentukan duta damai dunia maya. Sejauh ini telah terbentuk 60 kelompok duta damai di 12 provinsi, termasuk Kaltim.  Tindak lanjut dari kegiatan ini, duta damai dunia maya akan terus terhubung dengan PMD dengan dibentuk grup messenger dalam rangka sharing informasi dalam melawan propaganda terorisme di dunia maya.

“Selain itu, duta damai dunia maya akan terus dipantau tim PMD dan selanjutnya dua tim terbaik akan dikirim mengikuti pelatihan tingkat lanjut di Jakarta, akhir tahun nanti,” jelasnya.

Selanjutnya, duta damai dunia maya ini akan melaksanakan kegiatan positif, baik online maupun offline. Karena itu, ia berharap dukungan dari Pemerintah Daerah setempat, dan aparat terkait untuk memberikan dukungan dan membantu kelancaran kegiatan duta damai di daerah masing-masing.

Adapun Lima website yang dihasilkan oleh 60 duta damai dunia maya Kaltim yaitu, www.etam.dutadamai.id, www.lamin.dutadamai.id,  www.pesutetam.dutadamai.id, www.mahakam.dutadamai.id, www.kawalan.dutadamai.id.

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Haryanto, M.Si., menambahkan ia berharap, setelah resmi menjadi duta damai dunia maya, ke-60 anak muda ini akan menghasilkan produk-produk konkrit dalam pencegahan terorisme, baik di dunia maya dan dunia nyata. Mereka juga akan otomatis tergabung dengan ratusan duta damai dunia maya yang telah ada sebelumnya.

“kami sangat bangga kepada para anak muda yang melakukan kegiatan positif seperti ini, selanjutnya kami juga berharap bahwa nantinya mereka bisa bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memberikan atau bertukar informasi” tutur Wakapolda Kaltim

Laporan : Arimin JW

Follow by Email
Facebook
Google+
http://antpnews110.com/995-2/
Twitter
Instagram

15total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.