DER (Dewan Ekonomi Rakyat) Kaltim & Aliansi Masyarakat Pesisir Paser Inisiator Penambahan Jenis Kayu Budidaya

Samarinda – Kaltim, ANPNEWS110.COM — Dewan Ekonomi Rakyat (DER) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Aliansi Masyarakat Pesisir Paser Mengadakan rapat dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur Rabu 13 November 2019.

Hadir dalam rapat tersebut ketua DER Provinsi Kalimantan Timur H. Heru Bambang, S.E, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur Drs. H. Amrullah, M.M, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Penggunaan Kawasan Hutan Ir. H. Zulfikar, M.Si, Kepala Seksi Pengolahan Hasil Hutan, Pemasarandan Penerimaan Negara Bukan Pajak Syariful Ahyar, S. Hut dan dari Aliansi Masyaraka Pesisir Paser Norbudi Rachman (Ketua), Eed Junian Whiradman (Ketua DPD Persatuan Jurnalis Indonesia ) DPD Kaltim.

Menyambung Aspirasi Aliansi Masyarakat Pesisir Paser sebagai wadah bersama memajukan ekonomi sektor kerakyatan, yang salah satu programnya adalah menjadikan komoditi kayu gelam menjadi kayu budidaya.

Hal ini di respon positif oleh kepala Dinas Kehutanan provinsi Kaltim Drs. H. Amrullah, M.M beserta jajarannya, “Intinya semangat kita sama memajukan ekonomi rakyat pesisir dan memberikan kepastian hukum terhadap aktifitas pemanfaatan kayu gelam, ujar Amrullah.”

Diketahui bersama di kabupaten Paser khususnya wilayah pesisir banyak menyimpan potensi kayu gelam sebagai sumber pendapatan masyarakat sekitar, dimana mereka bisa menjual sebagai produk pertukangan dan bahan bangunan didalam maupun luar daerah. DER bersama Aliansi Masyarakat Pesisir mendorong diberlakukannya peraturan Mentri Kehutanan nomor 85 tahun 2016 sebagai acuan penambahan jenis kayu gelam menjadi kayu budidaya melalui SK Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur.

Alur prosedur diikuti dengan baik oleh aliansi masyarakat pesisir, dan Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Tata Ruang juga mendukung dalam rencana penambahan tata ruang budidaya tanaman rakyat. “Mudah mudahan kita semua dapat bersinergi untuk kepentingan masyarakat pesisir,” ujar Norbudi Rachman Ketua Aliansi Masyarakat Pesisir Paser, kedepan pihaknya akan merangkul mitra koperasi lokal sebagai penyedia gelam dan membantu pendistribusian penjualan, membuka market baru dan menjaga keseimbangan lingkungan dan hutan.

Harapan yang sama juga diungkapkan Heru Bambang, ketua DER Kaltim yang juga mantan Sekda dan wakil walikota Balikpapan, “Bahwasanya kita harus sejalan dengan pemerintah pusat untuk selalu mendukung dan memfasilitasi kemudahan terkait ekonomi kerakyatan agar masyarakat dapat bersaing secara ekonomi maupun pengetahuan, saya rasa dari semua pihak dapat mendukung program ini,” ujarnya.

Eed Junian Whiradmana, “ Kami dari Jurnalis atau media menjadi mitra bersama pemerintah dalam hal memberikan informasi yang sifatnya mengedukasi kepada masyarakat, terutama menyangkut peraturan-peraturan baik dari pemerintah pusat maupun daerah, hasil dari pertemuan ini akan kami sosialisasikan seutuhnya kepada masyarakat.” Tutup Eed panggilan akrabnya.

Laporan : Febry Andik DS

Total Page Visits: 181 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.