Beberapa Personel Polres Kotamobagu Tertibkan Tambang Emas Bakan

Kotamobagu Sulut,  ANTPNEWS110.COM — Meski telah dilakukan penertiban dan penutupan lokasi tambang emas Bakan beberapa waktu sebelumnya, nyatanya masih ada masyarakat yang nekad masuk ke lokasi.

Padahal diketahui, pertambangan ini telah memakan banyak korban jiwa saat terjadinya longsor beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, ratusan personel Polres Kotamobagu kembali melakukan penertiban di tambang Bakan ‘Blok Tengkorak’, Selasa (03/09/2019).

Dalam penertiban, petugas mendapati masih adanya sejumlah masyarakat yang sedang beraktifitas di lokasi tersebut. Sebagian ada yang sedang mengambil material tambang (rep), lainnya sebagai buruh pengangkut material atau yang biasa disebut ‘kijang’.

Hasil interogasi petugas terhadap sejumlah masyarakat yang dijumpai di lokasi, alasan mereka masih beraktifitas secara ilegal dan sembunyi-sembunyi walaupun telah dilakukan penertiban sebelumnya, yakni tergiur dengan material tambang yang masih ada hasilnya. Juga tertarik dengan upah buruh panggul yang dibayar Rp. 3000.

Kabagops Polres Kotamobagu, Kompol Freddy Wowor selaku Perwira Pengendali pelaksanaan penertiban tersebut, mengatakan, lokasi atau blok yang ditertibkan ini merupakan ‘Blok Tengkorak’.

“Blok ini sudah mulai ramai didatangi masyarakat untuk melakukan penambangan,” ujarnya, didampingi Kasatreskrim, Kasatsabhara dan Kapolsek Lolayan.

Dalam penertiban, lanjut Kabagops, petugas mengamankan sebuah bak penampungan material, serta menyegel empat lubang tambang beserta peralatannya.

“Operasi ini dilakukan oleh Polres Kotamobagu dengan tujuan untuk mencegah terjadinya peristiwa longsor yang memakan banyak korban jiwa seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,” tandas Kabagops.

Laporan : Sofyan Taib

Total Page Visits: 106 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange