Realisasi SOA APBD Capai 69,06 Persen

Tanjung Selor,  ANTPNEWS110.COM  — Pada 2019 untuk program subsidi ongkos angkut (SOA) penumpang di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan Rp 40,6 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Perhubungan (Dishub) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 mengalokasikan Rp 12 miliar.
Dilaporkan kepala Dishub Kaltara Taupan Madjid, realisasi SOA penumpang pada APBN hingga Juli 2019 sebesar Rp 52,37 persen atau mencapai Rp 21,2 miliar. Dan, realisasi fisiknya, 1.396 flight atau penerbangan. “Ini, sama dengan 3.412 penumpang yang berhasil diangkut hingga Juli lalu,” kata Taupan di ruang kerjanya, Senin (2/9).

Sementara itu, SOA melalui APBD realisasinya per Juli 2019 mencapai 69,06 persen atau sebesar Rp 8,02 miliar. “SOA penumpang tahun ini, rute yang diakomodir APBN sebanyak 15 rute. Di antaranya, rute Tarakan-Long Bawan, Malinau-Long Bawan, Malinau-Long Apung, Tanjung Selor-Long Apung dan lainnya. Termasuk tambahan 5 rute baru, yakni Data Dian, Pujungan, Mahak Baru, Long Sule dan Long Alango,” jelas Taupan.

Jasa penerbangan yang memenangkan lelang program SOA penumpang 2019, adalah PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air) dan Aviastar. “Semoga dengan program ini dapat mendorong pertumbuhan dan pengembangan wilayah. Utamanya terkait stabilitas perekonomian, pertahanan dan keamanan negara,” tutupnya.(humas)

Laporan : Asrudi

Please follow and like us:
Total Page Visits: 762 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange