Yohanes Adigala

Atambua NTT, ANTPNEWS110.COM — Aksi bocah SMP yang memanjat tiang bendera saat tali bendera lepas ketika Upacara Bendera peringatan HUT RI ke 73 di Perbatasan Negara RI-Timor Leste viral di media sosial.  Videonya menjadi viral setelah diposting akun FB bernama Ika Silalahi dan dibagikan puluhan ribu kali.

Upacara bendera yang berjalan khidmat justru diwarnai sebuah insiden putusnya tali bendera. Seorang bocah SMP yang diketahui bernama Yohanes Andigala alias Jony memanjat tiang bendera sepanjang belasan meter untuk mengambil talinya untuk dikaitkan ke bendera. Berkat usahanya, akhirnya ujung tali bisa didapatkan di ujung tiang bendera. Tepuk tangan mmembahana menyaksikan kasi nekat bocah ini.

Detik-detik bocah ini direkam oleh salah satu peserta upacara bendera lalu diposting di facebook oleh akun Ika Silalahi. Dalam video berdurasi hampir dua menit ini, sang bocah sempat berhenti saat sudah berada di tengah tiang, sempat terdengar ada permintaan melalui pengeras suara agar sang bocah turun. Namun sang bocah tetap melanjutkan memanjat, hingga akhirnya tiba di puncak dan berhasil membawa turun ujung tali.

Terdengar suara tegang dari seseorang yang diduga perekam video ini karena merinding menyaksikan aksi sang bocah. Suara tepuk tanganpun bergerumuh saat bocah berseragam SMP itu berhasil “menyelamatkan” pengibaran bendera.

“Jangan pernah anggap dirimu kecil dan tidak berguna. Anak kecil dari Atambua ini memanjat tiang bendera untuk mengambil bagian tali yang terlepas saat bendera dibentangkan.

Apapun yang terjadi Merah Putih harus tetap berkibar!!

Dirgahayu negeriku,” begitu tulis Ika Silalahi di akun Facebooknya.

Berikut fakta-fakta  viralnya video bocah SMP yang panjat tiang bendera seperti yang dilansir dari Pos Kupang:

  1. Upacara bendera peringatan HUT RI ke 73 itu berlangsung di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Letak lokasi ini hanya berjarak  kurang dari satu kilometer dengan batas Timor Leste.
  2. Yang menjadi inspektur upacara bendera tersebut adalah Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan.
  3. Insiden putusnya tali tiang bendera terjadi sekitar pukul 09.40 Wita saat petugas pengibar bendera hendak mengibarkan bendera Merah Putih.
  4. Selesai mengikat tali bendera ke tali tiang dan saat akan ditarik, tali putus namun Lagu Indonesia Raya tetap dinyanyikan hingga selesai meski bendera tak dikibarkan.
  5. Setelah lagu Indonesia dinyanyikan, seorang bocah bernama Yohanes Andigala yang merupakan siswa kelas 7 SMPN Silawan maju dan memanjat tiang bendera.
  6. Ujung tali yang berhasil diambil Yohanes, diambil oleh petugas pengibar dibantu aparat TNI-Polri langsung mengikatnya dan mengibarkan kembali benderanya sambil memberikan penghormatan.
  7. Wabup JT. Ose Luan beri apresiasi.

Wabup menyebut sikap Yohanes adalah hebat  dan kejadian itu mengingatkan pada masa perjuangan para pejuang kemedekaan. “Ini pahlawan kecil penyelamat kita pagi ini. Seorang anak pelajar yang menjadi penyelamat dalam upacara kemerdekaan. Terimakasih pahlawan kecil, kejadian ini menggugah saya tapi kau adalah pahlawan.”

Lewat Dinas Pemuda & Olah Raga Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Menteri Pemuda & Olah Raga Imam Nachrowi mengundang Yohanes ke Jakarta hari ini 18/08/2018 untuk mengikuti pembukaan Asea Games. Apresiasi begitu luar biasa yang diberikan menteri merupakan wujut nyata pemerintah dalam hal warganya yang tinggal di Wilayah Perbatasan Negara Timor Leste dulunya adalah bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Laporan : Melky Rearaja

Follow by Email
Facebook
Google+
http://antpnews110.com/yohanes-andigala-pelajar-smp-atambua-yang-panjat-tiang-bendera-saat-tali-putus-dapat-apresiasi-dari-menteri-pemuda-olah-raga/
Twitter
Instagram

14total visits,1visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.