Hadapi Kondisi Kahar, Kominfo Buka Peluang Usulan Pembangunan BTS 4G

Siaran Pers No. 198/HM/KOMINFO/03/2024

Jumat, 8 Maret 2024

tentang

Hadapi Kondisi Kahar, Kominfo Buka Peluang Usulan Pembangunan BTS 4G

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membangun 4.988 unit Base Transceiver Station (BTS) 4G. Pengoperasian BTS 4G Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian juga telah diresmikan Presiden Joko Widodo akhir tahun lalu. 

Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar menyatakan Kementerian Kominfo menghadapi beragam kondisi kahar keamanan terutama pembangunan BTS 4G. Oleh karena itu, BAKTI Kementerian Kominfo memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk menentukan lokasi site baru yang lebih aman. 

“Kementerian Kominfo berupaya menyelesaikan pembangunan BTS di Papua tepat waktu. Jadi hal-hal yang seperti ini tetap menjadi risiko yang kami tetap itung. Tapi bahwa kami akan selesaikan bulan Juni, kami berupaya keras. Artinya saya juga harus mengutamakan keselamatan tim,” tandasnya dalam acara Ngopi Bareng Bersama Dirut BAKTI di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (08/03/2024). 

Dirut Fadhilah Mathar menyatakan pembangunan BTS terutama di wilayah Papua mengalami kendala karena kondisi kahar keamanan, terutama di Papua Tengah dan Papua Pegunungan. 

“Kominfo selalu berkoordinasi dengan Polda, Pangdam dan pemerintah daerah setempat untuk memastikan kondisi keamanan agar proses pembangunan BTS tidak mengalami gangguan,” tandasnya. 

Kementerian Kominfo senantiasa memantau perkembangan dan menjadikan informasi dari aparat keamanan sebagai penentu keberlanjutan pembangunan BTS di wilayah tersebut. 

“Dan memang itu prasyarat bahwa kondisi itu dianggap kahar ketika ada pernyataan dari biasanya dari Pangdam, Polda atau Bupati setempat. Jadi misalnya kalau tidak ada jaminan keamanan dari Pemda setempat dan memang mereka mengkonfirmasi bahwa beberapa ratus site itu tidak ada jaminan keamanan, itu kami tidak bisa paksakan untuk bangun. Karena kita kan tidak bisa menunggu. Karena kan anggaran tetap harus closing,” jelas Dirut BAKTI Kementerian Kominfo. 

Meski demikian, Dirut Fadhilah Mathar menyatakan Kementerian Kominfo akan terus berupaya melakukan pembangunan dengan memberi kesempatan kepada Pemerintah daerah untuk menentukan site baru yang lebih aman. 

“Jadi kita evaluasi bahwa memang tidak ada perkembangan yang baik dari sisi keamanan, kita akan sampaikan ke Pemdanya dengan terpaksa dengan sangat menyesal kami tidak bisa membangun di desa anda. Tapi kami akan beri kesempatan kepada mereka untuk mengusulkan site baru,” tegasnya.

Pada awal acara, Dirut BAKTI Kementerian Kominfo menyatakan komitmen untuk penyelesaian pembangunan BTS 4G pada Juni 2024. 

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Kominfo menargetkan penyelesaian pembangunan BTS hingga Juni 2024 mendatang. Per tanggal 6 Maret 2024 sekitar 118 site sudah siap memberikan layanan di wilayah Papua. Sekitar 500-an yang akan kita selesaikan sampai Juni,” jelasnya. 

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id
 

Please follow and like us:
Total Page Visits: 26 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange