Balikpapan, ANTPNEWS110.COM    Kodam VI/Mulawarman  Pada hari Jum’at tanggal 05 Oktober 2018 pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan Merdeka  Balikpapan  telah dilaksanakan upacara Memperingati HUT TNI Ke-73 tahun 2018 dengan tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”. Bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, upacara tersebut diikuti ± 1500 orang peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, ASN, ditambah undangan dari instansi pemerintah, swasta, mahasiswa, pelajar, ormas, tokoh masyarakat, purnawirawan, swasta.

Adapun urutan peserta upacara terdiri dari :

  1. Pleton Pataka Lambang Lambang Kesatuan.
  2. Satsik Kodam VI/Mulawarman
  3. Pleton Pamen.
  4. Pleton Pama TNI
  5. Pleton Kowad dan Polwan
  6. Kompi Pom TNI
  7. Pleton Yonif 611/Awang Long
  8. Pleton 600 Raider/Mdg.
  9. Pleton Armed.
  10. Pleton Kavelari.
  11. Pleton Zipur.
  12. Pleton Gab Makodam VI/Mulawarman
  13. Pleton Gab Makodam VI/Mulawarman II.
  14. Pleton Lanal Balikpapan.
  15. Pleton Lanud Dhomber Balikpapan.
  16. Pleton Polri.
  17. Pleton PNS TNI.
  18. Pleton Satpol PP Kota Balikpapan.
  19. Siswa SMA Kota Balikpapan.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain

– Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Ir.Isran Noor, M.Si

– Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

– Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto

– Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

– Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs.  Lukman

– Danrem 091/Asn Brigjen TNI Irham Waroihan

– Kabinda Kaltim Brigjen TNI Masrumsyah

– Ka BNNP Brigjen Pol Raja Haryono

– Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Rosidin

– Para Sahli Pangdam VI/Mlw

– Danrem 101/Ant Konel Inf Yudianto P

– Danrindam VI/Mlw Kolonel Inf Irwan Sebekti

– Para Asisten dan Kabalak Kodam VI/Mlw

– Dandim 0905/Balikpapan  Kolonel Inf M. Ilyas, SH

– Danalanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka S

– Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb M. Mijib

– Walikota Balikpapan HM. Rizal Effendi, SE

– Kajati Kaltim  Ely Syaputra, SH. MH

– Wakil Walikota H. Rahmad Mas’ud, SE

– Bupati/Walikota se Kaltim

– Ketua DPRD Balikpapan  Abdulloh

– Ketua KPU  Noor Toha

– GM PT. Pertamina RU V

– Pejabat jajaran Polda Kaltim.

– Toga, Tomas, Todat dan Toda.

Amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Inspektur upacara/ Pangdam VI/Mulawarman, “

– Mari kita sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan yang maha kuasa agar meringankan beban saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Mautong demikian pula saudara kita di Lombok.

– TNI bersama-sama komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu- membahu kita berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita, TNI telah menyiapkan personil dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama melaksanakan evakuasi menyalurkan bantuan memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

– Pengerahan personil maupun alutsista sebagian dari bentuk profesionalisme TNI oleh karena sangat tepat apabila peringatan HUT TNI ke 73 tahun 2018 ini mengambil tema profesionalisme TNI untuk rakyat tema singkat namun mengandung makna, profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam misi PBB ke berbagai negara sebagai bentuk partisipasi negara dalam mewujudkan perdamaian dunia

– TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun dimasa depan yang semakin kompleks perkembangan politik ekonomi dan teknologi global telah menciptakan ruangan atau dimensi dan metode peperangan baru krisis ekonomi yang diikuti dengan ketegangan percaturan politik global membawa ketidak pastian dan kekhawatiran dalam menjaga prospek masa depan, kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia juga membawa dampak disruptive di bidang Informatika sektor komunikasi transportasi biomolekuler militer ruang angkasa

– Kedepan kita juga harus menghadapi gejala alam yang terjadi akhir-akhir ini TNI sebagai satuan yang siaga dimasa damai harus membantu pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah seperti gizi buruk di Asmat Papua, letusan Gunung Agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, gempa bumi di Lombok dan saat ini gempa bumi di Palu.

– Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme penegakan hukum di laut pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan even  strategis nasional dan internasional

– Yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah hiruk pikuk kehidupan politik dan demokrasi bangsa namun demikian diharapkan proses demokrasi tersebut tidak menimbulkan ancaman disintegrasi bangsa, belajar dari pengalaman masa lalu mencermati perkembangan dimasa kini dan dimasa depan maka TNI harus mentransformasi diri menjadi kekuatan militer yang profesional handal menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan.

– Dalam tugas-tugas selain perang TNI juga terlibat dalam Pengamanan pemilu TNI berkomitmen untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi penting bagi keutuhan NKRI.

– Saya akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit TNI di mana pun berada untuk dipatuhi dan dilaksanakan sebagai berikut :

  1. Perkokoh iman dan taqwa kita kepada Tuhan YME untuk terus beribadah karena hanya kepada Allah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.
  2. Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.
  3. Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.
  4. Mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 janganlah terpancing emosi dan upaya apa yang melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu.
  5. Jalanilah setiap tugas secara ikhlas karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini. “

Laporan : Arimin JW.

 

 

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/kodam-vi-mulawarman-peringati-hut-tni-ke-73-tahun-2018-di-lapangan-merdeka-balikpapan/
Twitter
Instagram

9total visits,9visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.