Balikpapan,  ANTPNEWS110.COM    Kurang lebih 4 jam lamanya dari pukul 08.05- 12.05 wita di ruang bangkirai 18 orang siswa siswi  SMA Negeri 5 Balikpapan mengikuti Seminar Pembekalan Manajemen Kewirausahaan Kantin Siswa SMA Negeri 5 Balikpapan semuanya termotivasi, hal ini dilihat dari begitu bersemangatnya peserta saat dibuka sesi penyampaian ide para peserta, hal ini tidak lepas dari peran serta  narasumbumber Dr. Ali Hasan, SE. MM, dan motivasi atau dororongan dari kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan  Dra. Ririen Fridayati, serta arahan-arahan guru pembimbing.

Muhammad Farhan Fharezy kelas X MIPA 4 “ Kantin Usaha Siswa sangat perlu dibangun, dengan cara adanya koordinasi dan komunikasi dengan pihak pengelolah, guru pembimbimbing, maupun koordinasi sesama siswa pengelolah kantin usaha siswa, Ide saya dalam memajukan kantin usaha sekolah adalah dengan langkah melakukan survey terhadap mkinat dan trend market di target penjualan saya. Berdasarkan pengamatan pengamatan singkat, berikut beberapa produk yang saya anggap dapat membawa keuntungan bagi kantin usaha siswa seperti contoh :

  1. Gelang Custom
  2. Cashing Multifungsi
  3. Nayur ( Nugget Sayur )
  4. JUNIK ( Jus Unik )

Aditya Wahyu Rahmani, “ Ide saya untuk Kantin Usaha Siswa adalah pembuatan kotak pensil dari barang bekas, kenapa saya memilih barang bekas sebagai bahan dasar karena sekaligus mendaur ulang sampah sampah yang ada serta mengatasi masalah penempatan alat tulis di kelas. Perkiraan harga untuk kotak pensil tersebut yaitu karena barang bekas mudah didapatkan jadi modal tersebut semakin rendah, jadi saya perkirakan harga tersebut berkisar antara 10 ribu  sampai 15 ribu. “ dan nasih banyak ide-ide yang disampaikan para peserta yang hampir mirip dengan kedua siswa diatas yaitu tujuanya sama memajukan Kantin Usaha Siswa namun cara menyampaikan beda.

Kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan Dra. Ririen Fridayati, menyampaikan beberapa poin sebagai berikut : “

  • Kunci pemasaran diberikan oleh ayah 3 anak tersebut.
  • Luar biasa..membangun bisnis sejak muda dimulai dari sikap sederhana yakni tidak mudah mengeluh terhadap segala sesuatu yg datang pada kita.
  • Berani mempromosikan diri,meyakinkan diri sendiri bahwa saya bisa menerima tugas tersebut,
  • Selalu meminta doa restu kepada orang tua dan jangan membantah perintah orang tua dan guru.
  • …luar biasa…pegang tiga hal tersebut
  • Selalu fokus, optimis dan berani….
  • Berjuang dg sungguh sungguh , bersabar dan tak mudah putus asa
  • Hadiahnya juga ada tiga
  • Yakni keberkahan
  • Kehormatan dan keberhasilan
  • Selamat bertugas siswa angkatan ke 3 program kwu smala
  • Yakin lah bila jalanmu adalah kebenaran
  • Maka kamu akan sampai pada tujuanmu.”

Dr. Ali Hasan, SE. MM, member apresiasi tinggi atas semangat anak-anak SMA Negeri 5 Balikpapan, “ Tingkat pemahaman anak-anak sangat luar biasa, mereka sangat menguasai materi yang saya sampaikan, tinggal aplikasi dilapangan bagaimana, tetapi saya yakin dibawah kepemimpinan ibu Ririen semua pasti terwujud.” Imbuh putra Nangro Aceh  Darussalam.

Laporan : Arimin JW

Follow by Email
Facebook
Google+
//antpnews110.com/setelah-mengikuti-seminar-pembekalan-manajemen-kewirausahaan-kantin-siswa-sma-neg-5-para-peserta-semuanya-termotivasi/
Twitter
Instagram

6total visits,6visits today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.