SALAH GUNAKAN DANA DESA OKNUM KEPALA DESA MONANO DI PENJARAKAN

Gorontalo,  ANTPNEWS110.COM Kepala Desa Monano Kec Monano Kab Gorontalo utara menempati rumah tahanan Polres Gorontalo dalam kasus penyalahgunaan pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang terjadi di Desa Monano Kecamatan monano Kabupaten Gorontalo utara. berdasarkan Surat Perintah Penahanan : No.SP Han / 48 / VII / 2019 / Reskrim tanggal 5 Juli 2019.

Dalam pengelolaan dana desa Kepala desa monas drs azis said mengambil alih semua pekerjaan yang menggunakan dana desa di kerjakan sendiri tanpa melibatkan fungsi aparat desa lainya yang terkait .
Perbuatan kepala desa dilakukan dengan cara anggaran 2018 dana desa dibambil dari tangan bendahara kemudian kepala desa mengerjakan setiap item pekerjaan fisik tidak sesuai dengan juknis dan mekanisme dalam pengelolaan dana desa.
Mengerjakan pekerjaan pembangunan fisik tidak sesuai dengan rab dan gambar dan ada pekerjaan fiktif, Tidak dapat menunjukan spj dari kegiatan pembangunan fisik lainya di tahun 2018.

Kerugian keuangan negara dalam perkara tsb berdasarkan hasil audit BPKP perwakilan Gorontalo adalah Rp. 192.209.229.64 ( seratus sembilan puluh dua juta Dua Ratus sembilan Ribu Dua ratus dua puluh sembilan ribu enam puluh empat sen )

Adapun pasal yang di sangkakan adalah Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 jo Pasal 18 Ayat (1) (2) (3) Undang-undang 31 tahun 1999 Jo undang-undang No. 20 tahun 2001 tentang Pemberantasana Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 Ayat (1) Kuhp.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, Sik menyebutkan bahwa pihak Polres Gorontalo akan terus menindak lanjuti kasus penyalahgunaan dana desa ini, untul di lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Jadi kami menghimbau kepada seluruh aparatur desa dan Kepala Desa agar senantiasa mengelola ADD yang diberikan negara dengan benar dan tepat, sesuai peruntukkannya yakni untuk kemakmuran masyarakat,” tegas Kabid Humas.

Laporan : Tim Antp

Total Page Visits: 70 - Today Page Visits: 1

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Secured By miniOrange